Nilai UNBK Tertinggi, Ini Kiat Rima

  • Whatsapp
JUARA SEJAK SD: Wakasek Kesiswaan SMKN 2 Kota Sukabumi Slamet Widodo bersama Rima Pusvita Aprilia peraih nilai UNBK tertinggi jenjang SMK se-Kota Sukabumi.

SUKABUMI, RADARSUKBUMI.com – Salah satu siswi SMK Negeri (SMKN) 2 Kota Sukabumi Rima Pusvita Aprilia (18), meraih nilai tertinggi UNBK tingkat SMK di Kota Sukabumi.

Nilai rata-rata UNBK Rima pun nyaris sempurna, yaitu rata-rata nilai 3,46 dengan masing-masing nilai untuk Bahasa Indonesia 96.0, Bahasa Inggris 78.0, Matematika 97.5, dan KMP 75.0.

Bacaan Lainnya

Siswi yang mengambil jurusan kelas akuntansi ini sempat tidak percaya, jika dirinya menjadi peraih nilai UNBK tertinggi untuk jenjang SMK wilayah se-Sukabumi.

Gadis berkerudung itu baru mengetahui infomasi tersebut dari sekolah.

“Alhamdulilah sangat senang bisa membuat orang tua bangga, dan juga membawa nama harum SMKN 2 Kota Sukabumi.

Semoga ini bisa membawa kebahagiaan untuk semuanya,” tutur warga Jalan Raya Sukaraja, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi ini kepada Radar Sukabumi, kemarin.

Rima mengaku tidak ada persiapan khusus ketika menjelang UN.

Akan tetapi, meski tidak tidak ada persiapan khusus, ia mengaku setiap hari rutin belajar, tepatnya pada malam hari dengan selalu belajar dan mengulang kembali mata pelajaran selama sekolah.

Mulai bada Isya hingga pukul 22.00 WIB.

“Pokoknya setiap malam wajib maksimal sampai pukul 22.00 itu membaca kembali mata pelajaran yang didapat selama sekolah,” ucapnya.

Tidak heran jika semangat belajar, berdampak pada prestasinya.

Anak bungsu dari tiga bersaudara ini pun mengaku, sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) hingga ke jenjang SMK ia selalu peringkat pertama di kelas.

Saat ditanyai oleh wartawan Radar Sukabumi apakah Rima pernah mendapat peringkat kedua atau ke tiga saat dikelas? Ia menggelengkan kepala sambul tersipu malu.

“Alhamdulillah selama di SD sampai kemarin kelas 3 SMK selalu jadi juara kelas, belum pernah dapat juara 2 atau 3,” ucapnya bangga.

Secara ekonomi, Rima memang tergolong dari keluarga pas-pasan. Ayahnya yang bernama Aep Saepudin, bekerja sebagai sopir angkutan umum.

Sedangkan ibunya, Liah Marliah, hanya sebagai ibu rumah tangga biasa.

Namun, semangat untuk menempuh pendidikan lebih tinggi tidak menghalangi niat Rima untuk kuliah lagi.

Bahkan siswi yang bercita-cita sebagai akuntan tersebut, ingin melanjutkan kuliah ke Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN).

Rima sendiri merupakan salah satu siswi penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Insya Allah mau melanjutkan ke STAN, mudah-mudahan bisa lolos,” harapnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 2 Kota Sukabumi Didis Dharmawan mengaku amat bangga atas prestasi yang diraih oleh siswinya itu.

Ia berharap bisa menjadi motivasi bagi siswa lain termasuk adik-adik kelas yang sekarang akan naik ke kelas XII, serta menjadi motivasi guru-guru di SMKN 2 agar lebih semangat mengajar lagi.

“Ini adalah salah satu yang patut kita syukuri atas prestasi yang diraih, tetapi yang paling penting di sini siswa bisa belajar jujur saat mengerjakan ujian dan nilai yang keluar tentunya hasil belajar siswa, kalaupun mendapat peringkat, itu adalah hadiah atas semangatnya belajar mereka, tetapi tetap saya merasa bangga dan mengucapkan terimakasih kepada guru dan siswa khususnya Rima yang telah bekerja keras untuk kemajuan SMKN 2 dan semoga ini bisa terus kita dapatkan,” bebernya panjang lebar.

Menurutnya, Rima tergolong siswa yang aktif baik saat dikelas maupun di organisasi.

Siswinya tersebut banyak mengikuti kegiatan organisasi seperti Osis, namun meski begitu prestasinya tidak pernah menurun.

Seperti diketahui sebelumnya, Rima meraih nilai rata-rata UNBK 3,46 dengan masing-masing nilai untuk Bahasa Indonesia 96.0, Bahasa Inggris 78.0, Matematika 97.5, dan KMP 75.0. Sementara nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dengan mata pelajar pilihan Akutansi 89.53.

“Anaknya aktif dan juga pintar, prestasinya cukup banyak.

Jadi saya tidak terlalu heran dengan prestasi yang diraih Rima,” tutupnya.

(wdy)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *