Ngaliwet Ala Santri Momen MAN 1 Kota Sukabumi Rayakan HSN

Siswa MAN 1 Kota Sukabumi
KEBERSAMAAN : Siswa MAN 1 Kota Sukabumi menyantap nasi liwet bersama-sama ala anak santri

SUKABUMI — Dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad sekaligus Hari Santri Nasional (HSN) MAN 1 Kota Sukabumi menggelar berbagai perayaan bersama pada, Sabtu (22/10/2022).

Pada momen tersebut, “Ngaliwet Alasantri” menjadi tema perayaan HSN dan maulid Nabi Muhammad. Acara dibuka dengan menggelar upacara Hari Santri di Lapang Merdeka, Cikole, Kota Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Kepala MAN 1 Kota Sukabumi, Badru Tamam mengatakan momentum Hari Santri Nasional adalah sangat penting bagi bangsa Indonesia. Sejak ditetapkan oleh Presiden Jokowi pada 22 Oktober 2015, pada hakikatnya adalah perjuangan santri yang dipimpin oleh para ulama dalam rangka usaha perjuangan mempertahankan NKRI yang merdeka dan berdaulat.

“Alhamdulillah kemarin dari MAN 1 Kota Sukabumi mengikuti upacara peringatan hari santri dan alhamdulillah berjalan dengan baik dan penuh dengan khidmat. Upacara diadakan dengan harapan perjuangan para ulama dapat dijadikan teladan oleh para santri saat ini,” ucapnya.

Menurutnya, Agama Islam sangat memperhatikan anak-anak dan pemuda. Mereka adalah yang berhak mendapatkan lebih banyak pendidikan dan pengajaran untuk menjadi anak yang beradab. Selain itu mereka adalah generasi masa depan, harapan umat, bangsa dan negara. Untuk itu, pendidikan sangat diperlukan guna membentuk karakter dan kepribadian anak sejak dini dengan memberikan rangsangan dan masukan-masukan lain yang dibutuhkan dalam pendidikan.

“Untuk membentuk sebuah karakter dan kepribadian anak yang baik maka anak harus diajarkan tentang ilmu keagamaan yang terkandung di dalamnya nilai-nilai, sikap dan keterampilan yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan kreatif. Dan kami melaksanakan sebuah kegiatan sebagai ajang untuk meningkatkan siswa-siswi potensi keagamaaan yang akhirnya dapat menjadi siswa/i yang kuat. Kuat yang tidak hanya berarti fisik saja, tetapi kuat dalam artian yang sangat luas yaitu kuat pengetahuannya, wawasan keilmuannya dan semua aspek dalam kehidupan sehari-hari,”imbuhnya.

Sementara itu, Pembina Remaja Masjid (IRMA) MAN 1 Kota Sukabumi, Ai Rohayani menuturkan MAN 1 Kota Sukabumi memeriahkan maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah adapun esensi dari peringatan Maulid Nabi Muhammad Salallahualaihi Wa Sallam sesungguhnya adalah untuk meneladani setiap pikiran, ucapan dan tindakan Rasulullah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *