PENDIDIKAN

MAN 1 Apresiasi Seni Pelajar

RADARSUKABUMI.com – Pertandingan antar sekolah, sudah menjadi tradisi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Sukabumi. Salah satunya yang digagas pengurus Osis MAN 1, dengan menyalurkan kreativitas dan bakat pelajar melalui “Apresiasi Seni Pelajar ke-15 (ASP XV)”. Tujuannya agar tercipta generasi unggul dan berprestasi.
Kepala MAN 1 Kota Sukabumi Yepi Prezi Agus Gunadi menuturkan, masa muda adalah masa yang sarat dengan daya imajinasi, daya kreasi dan penuh semangat untuk berbuat seni.

“Nah untuk mencapai semua itu, semangat saja tentu tidak cukup. Melainkan harus punya kepekaan rasa, kecerdasan intelektual dan pengalaman menjadi penentu,” terang Yepi kepada Radar Sukabumi, Kamis (31/2).

Kreativitas pada dasarnya diarahkan untuk menumbuhkan kepekaan rasa estetik dan artistik, sehingga terbentuk sikap kritis, apresiatif dan kreatif pada diri siswa secara menyeluruh.

“Sikap ini hanya akan tumbuh jika dilakukan serangkaian proses kegiatan pada siswa,” terangnya.

Yaitu pengamatan, penilaian serta penumbuhan rasa memiliki keterlibatan siswa dalam segala aktivitas seni yang berlandaskan iman dan takwa. Menjawab semua persoalan tersebut, Yepi menilai siswa perlu difasilitasi berupa ajang kreativitas, sebagai salah satu solusi dari sekian banyak kegiatan yang bermanfaat. Contohnya kegiatan Apresiasi Seni Pelajar ke-15.

“Alhamdulillah MAN 1 Kota Sukabumi masih bisa tetap eksis mengadakan ASP hingga tahun ke-15. Itu artinya, MAN 1 selama bertahun-tahun masih bisa eksis di antara sekolah lainnya,” tuturnya.

Sama seperti tahun sebelumnya, kegiatan ASP ini diramaikan dengan berbagai kegiatan perlombaan yang melibatkan siswa-siswi MAN 1 Kota Sukabumi, umum serta pelajar SMP/MTs sederajat se-Kota dan Kabupaten Sukabumi. Acaranya sendiri berlangsung pada, Sabtu (26/1) hingga Sabtu (2/2).

Kegiatan tersebut memberikan sarana bagi para peserta didik untuk mengekspresikan diri sesuai dengan potensi, bakat dan minat. Juga menjalin rasa persatuan dan persaudaraan antar pelajar, antar sekolah serta dengan masyarakat luas.

“Meningkatkan jiwa sportivitas siswa di bidang seni, olahraga, bahasa dan agama, membentuk watak dan kepribadian yang baik dan bertanggungjawab, meningkatkan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan menyongsong Hari Amal Bakti (HAB) Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag) Ke-73,” bebernya.

Sementara itu, ditemui secara terpisah. Ketua Pelaksana Apresiasi Seni Pelajar ke-15 Naufah Fauziah mengatakan, ada beberapa kategori yang diperlombakan seperti lomba untuk kalangan intern yaitu akustik, musikalisasi puisi, stand up comedy, solo vocal pop, solo vokal dangdut dan bazar.

“Untuk lomba eksternalnya seperti festival marawis, turnamen bola voli, story telling, festival nasyid dan dongeng,” pungkasnya. (wdy)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button