Ketika SDN Pakujajar CBM Kota Sukabumi Borong Prestasi, Upgrade Skill Para Siswa Bidang Non-Akademik

SDN Pakujajar CBM Kota Sukabumi
Kepala SDN Pakujajar CBM, Sugianto didampingi guru pembimbing olahraga Siti Sobariah foto bersama siswa berprestasi

RADAR SUKABUMI – SDN Pakujajar CBM, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi terus menujukkan eksistensinya, sebagai salah satu  sekolah berprestasi di Kota Sukabumi. Ini liputannya.

WIDI FITRIA, Sukabumi

Bacaan Lainnya

Baru-baru ini, ada tiga siswa dari SDN Pakujajar CBM menjadi juara pada cabang olahraga (Cabor) silat dan renang. Salah satunya berhasil mewakili Kota Sukabumi pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk cabor renang.

Ketiga siswa tersebut yaitu Muhammad Andriast Kastara Anshori yang menjadi Juara Umum 1 Cabor Renang pada O2SN Tingkat Kota Sukabumi, Muhammad Raufal Rahardian (Juara 2 Renang) dan Agra Ahmad Ariansyah (Juara 1 Pencak Silat tingkat Kota dan Kabupaten Sukabumi) yang diselenggarakan Sukabumi Championship.

Kepala SDN Pakujajar CBM Kota Sukabumi, Sugianto mengaku bangga sekaligus bersyukur di akhir tahun ajaran baru ini siswanya masih bersemangat untuk menorehkan prestasi. Bahkan dari salah satu prestasi yang ditorehkan oleh siswanya tersebut, tembus ke tingkat provinsi Jabar mewakili Kota Sukabumi.

“Alhamdulillah ada perwakilan dari SDN Pakujajar CBM untuk mewakili Kota Sukabumi ke tingkat provinsi di cabor renang yang diraih oleh Muhammad Andriast,” terangnya kepada Radar Sukabumi, Senin (10/6).

Selain renang, salah satu kejuaraan yang berhasil diraih oleh siswa lainnya yaitu pencak silat yang diselenggarkan oleh Sukabumi Championship di mana satu siswa SDN Pakujajar CBM meraih juara 1 kategori tunggal.

Pada wawancaranya kepada Radar Sukabumi, mantan kepala SDN Dayeuhluhur CBM Kota Sukabumi ini mengatakan dukungannya kepada siswa-siswi SDN Pakujajar CBM, untuk terus menorehkan prestasinya baik di bidang akademik maupun non akademik.

Adapun dukungan diberikan dalam bentuk motivasi kepada para siswa, agar terus semangat mengikuti kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolah sebagai salah satu cara mengupgrade skill/kemampuan khususnya bidang non akademik.

Selain itu, dukungan paling utama juga ada pada dukungan dari orang tua siswa, sebagai mitra dari sekolah untuk sama-sama meningkatkan kemampuan atau keterampilan siswa SDN Pakujajar CBM.

“Dukungan dari sekolah selain pemberian motivasi juga memberikan waktu luang mereka untuk latihan, terutama mereka yang nantinya akan ikut berlomba mewakili sekolah, ini tentunya juga perlu kolaborasi yang kuat dengan orang tua siswa khususnya dan kami juga berharap ketiga siswa ini tidak hanya berhenti berprestasi di tingkat kota tetapi bisa berprestasi di provinsi hingga nasional,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu siswa SDN Pakujajar CBM yang menjadi juara umum olahraga renang pada O2SN Tingkat Kota Sukabumi, Muhammad Andriast Kastara Anshori mengaku bangga dan senang bisa mewakili Kota sukabumi ke tingkat Jabar.

Ini adalah pertama kalinya Andriast mewakili Kota Sukabumi ke tingkat Jawa Barat.

“Senang dan bangga bisa menjadi juara umum 1 dan mewakili Kota Sukabumi ke Jawa Barat,” ucap siswa kelas V SD tersebut.

Saat ini Andriast tengah memfokuskan dirinya untuk berlatih secara rutin, untuk persiapan di O2SN Jawa Barat nanti.

Andriast sendiri berhasil meraih dua medali emas sekaligus pada nomor 50 meter gaya dada kelompok putra, dengan kecepatan waktu 39.91 detik. Juga juara 1 nomor 50 meter gaya bebas, dengan kecepatan 31.48 detik.

Tidak berbeda dengan Andriast, peraih medali perak pada nomor 50 meter gaya punggung yakni Muhammad Raufal Rahardian juga mengatakan hal senada.

Raufal pun bangga dan senang masih bisa meraih juara kedua, meski belum meraih juara pertama namun siswa kelas V SD tersebut juga akan terus mengikuti event lomba renang lainnya untuk menambah skill khususnya di bidang renang.

Selain renang, prestasi olahraga lainnya juga berhasil diraih oleh Agra Ahmad Ariansyah yang berhasil meraih juara 1 Pencak Silat tingkat Kota dan Kabupaten Sukabumi yang diselenggarakan Sukabumi Championship.

“Senang karena tahun ini bisa meraih juara 1, kalau tahun kemarin saya hanya mendapat juara ke-2 di event yang sama, Alhamdulillah tahun ini ada peningkatan prestasi,” imbuhnya.

Agra mengaku jika pencak silat ditekuninya sejak kelas 2 SD. Lantaran termotivasi oleh sang ibu, Marcelina yang
juga merupakat atlet pencak silat.

“Senang karena tahun ini peningkatan di banding tahun sebelumnya, tahun ini bisa berhasil meraih juara ke-1, mungkin kedepannya akan terus ditingkatkan lagi prestasinya karena saya bercita-cita ingin ikut dalam pertandingan Popwilda,” ucapnya.

Terpisah, Guru Pembimbing Olahraga SDN Pakujajar CBM Kota Sukabumi, Siti Sobariah mengaku bangga atas prestasi yang diraih oleh ketiga siswanya itu.

Siti berharap prestasi yang diraih oleh ketiga siswanya tidak hanya berhenti di tingkat kota, tetapi bisa terus berlanjut ke tingkat yang lebih tinggi.

“Harapannya bisa terus berprestasi dan prestasinya ini bisa menjadi motivasi bagi siswa lainnya, terutama untuk adik-adik kelasnya nanti,” pungkasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *