Keren, Siswi MAN 2 Sukabumi Juara Favorit Baca Puisi Tingkat Nasional

  • Whatsapp

SUKABUMI, RADAR SUKABUMI.com – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Sukabumi kini sedang berbangga, lantaran salah satu siswinya menjadi juara favorit dalam lomba baca puisi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Penerbit Buku Erlangga.

Acara bertemakan Lomba Baca Puisi Kebangkitan Nasional Bersama Erlangga itu dilaksanakan secara online pada 20 Mei 2021, diikuti 4000 peserta se-Indonesia. Dari ribuan peserta tersebut, siswi Kelas XI IPS MAN 2 Kota Sukabumi Mira Nurmaulidya menjadi juara terfavorit sekaligus menjadi sepuluh terbaik lomba baca puisi menyisihkan ribuan peserta lainnya.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah bersyukur sama Allah SWT. Rasanya senang banget, terharu karena usahanya membuahkan hasil, ditambah sempat tidak percaya terpilih juara favorit tingkat nasional karena memang banyak pesertanya, tapi dalam hati udah usaha dulu aja, siapa tahu berhasil gitu. And finally this is a result about your work hard and pray hard. Tidak lupa, ucapan terimakasih banyak untuk my family, my beloved sister and my great teacher for support,” ucap Mira kepada Radar Sukabumi, Senin (21/6).

Lomba Baca Puisi Kebangkitan Nasional Bersama Erlangga dilaksanakan secara online, dengan cara upload video baca puisi Kebangkitan nasional di akun instagram pribadi. Mira sendiri mengaku untuk teknik membaca puisi ia belajar dari sang kakak. Namun tidak jarang juga belajar sendiri karena memang lomba baca puisi ini bukan kali pertama ia mengikuti lomba.

“Kalau untuk belajar puisi itu udah dari kelas 3 SD, masih ingat dulu berawal dari puisi yang berjudul “Matahari” sampai bisa lolos tingkat Kecamatan Gunungguruh mewakili sekolah dan sampai saat ini puisi udah menjadi bagian yang mengisi keseharian,” ujarnya.

Ia pun berharap semoga Allah SWT memberikan kesempatan untuk lebih baik lagi, lebih berprestasi lagi.

“Kegagalan hanyalah sebuah koma tanpa jeda, bukan tanda seru apalagi titik. Kebangkitan adalah tanda seru kita dan kesuksesan adalah tanda titik bagi kita.

Jadikan keberhasilan sekarang sebagai cambukan untuk tetap semangat dalam meraih impian. Pandemi bukan alasan untuk hanya rebahan, jadikan sebagai lahan produktifitas diri dalam kehidupan,” ucap Mira.

Sementara itu, prestasi yang diraih oleh Mira ini mendapat apresiasi luar biasa dari sekolahnya. Wakasek Kesiswaan MAN 2 Kota Sukabumi Ujang Gunawan sangat mengapresiasi kemandirian, keinginan yang sangat kuat dari siswa-siswi untuk meraih prestasi. Prestasi yang diraih tidak hanya membawa nama baik madrasah tetapi juga membawa nama baik Kota Sukabumi di kancah nasional.

“Tentunya sekolah merasa bangga walauppun dalam kondisi pandemi anak tetap melakukan aktivitas berbagai kegiatan, dan Alhamdulillah mendapatkan hasil yang terbaik dan mudah-mudahan dapat menjadi motivasi buat anak anak yang lainnya untuk tetap optimis melakukan hal yang terbaik walaupun keadaan belum stabil,” terangnya.

Dikatakan Ujang Gunawan, Mira putri dari pasangan Upin Supriatna dan Cicin Rustini Rohaeni ini merupakan siswi yang aktif dan juga berprestasi di segala bidang, baru-baru ini Mira juga terpilih sebagai Duta hukum dan HAM Jawa Barat (Jabar) 2021. Mira juga pernah meraih medali perunggu pada ajang Kompetisi Sains Indonesia 2021 Tingkat Nasional Bidang Geografi yang diselenggarakan Pusat Olimpiade Sains Indonesia, dan peraih medali perunggu pada kegiatan Madrasah Science Competition Tingkat Nasional.

“Anaknya sangat aktif mengikuti kegiatan organisasi baik di lingkungan sekolah atau di luar lingkungan sekolah, dia juga tergabung pelajar olimpiade sekolah bidang geografi dan kebumian di MAN 2 Sukabumi, kami sebagai guru sangat mensuport dan dibimbing oleh guru pembina di sekolah,” pungkasnya. ( wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *