Keren, Guru SMKN 2 Kota Sukabumi Juara 1 Nasional

Siti Natasya Isabela
Siti Natasya Isabela, Guru Bahasa Indonesia sekaligus Pembina Literasi di SMKN 2 Kota Sukabumi

SUKABUMI – Prestasi membanggakkan kembali diraih oleh Kota Sukabumi, kali ini prestasi dimenangkan oleh salah satu guru di SMK Negeri (SMKN) 2 Kota Sukabumi yang menjuarai lomba menulis puisi tingkat nasional.

Ya, guru bernama lengkap Siti Natasya Isabela (30) ini telah berhasil menjadi Juara I Lomba Menulis Puisi Tingkat Nasional yang  diselenggarakan Nyalanesia pada April 2022.

Bacaan Lainnya

Siti mengaku sangat senang dan bangga bisa menjadi juara menulis puisi.

“Alhamdulillah saya sangat senang sekali,karena karya yang saya buat mendapatkan apresiasi sebagai juara 1 penulisan puisi tingkat  nasional,” tutur Guru Bahasa Indonesia SMKN 2 Kota Sukabumi, Siti Natasya Isabela kepada Radar Sukabumi, Selasa (10/5).

Perempuan berkerudung yang juga Pembina Literasi di SMKN 2 Kota Sukabumi itu menjelaskan bahwa lomba tersebut dilaksanakan secara online, lantaran masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Masih kata Siti, untuk perlombaan menulis puisi ini tidak hanya diikuti oleh para guru tetapi juga siswa se-Indonesia.

“Awalnya bisa ikut lomba ini karena pertama itu sekolah kami SMKN 2 Kota Sukabumi mengikuti kegiatan festival literasi nasional yang di adakan Nyalanesia, dimana dalam acaranya ada kegiatan sekolah menulis buku nasional, kemudian sekolah kami mengirimkan 50 karya puisi peserta didik beserta 10 karya puisi dan artikel guru.

Alhamdulillah kepala SMKN 2 Kota Sukabumi ikut berpartisipasi mengikuti lomba ini dan ternyata puisi karangan saya berjudul “Bunga Udumbara” menjadi pemenang ke-1 jenjang guru tingkat nasional,” ucapnya sambil tersenyum bangga.

Adapun nantinya puisi karya Siti yang menjadi juara 1 tersebut akan dibukukan dalam antologi puisi yang berjudul “Menanam Pelukan”.

Diakuinya, dia senang menulis puisi sejak duduk di kelas SMA. Namun, saat itu hasil karya puisinya hanya disimpan untuk sendiri, baru pada 2017 saat mengikuti pelatihan Sagu Sabu (Satu Guru Satu Buku) karyanya mulai dibukukan dalam buku antologi pertamanya yang berjudul “Malam Sepotong Bulan” hingga saat ini dirinya sudah membuat lima Antologi Buku Puisi.

Tidak hanya itu, Siti yang merupakan lulusan Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) itu telah meraih banyak prestasi. Diantaranya, pada tahun 2017 ia pernah memenangkan lomba menulis sinopsis buku anatalogi puisi dalam acara Sagu Sabu tingkat Jawa barat.

Kemudian pada 2018 menjadi salah satu peserta seribu guru se-Asia Tenggara menulis puisi dan mendapatkan Rekor Muri yang diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pada 2019 dirinya juga pernah meraih Juara Hharapan 1 Menulis Puisi dalam Jambore Literasi Tingkat Kota Sukabumi.

“Harapan saya semoga atmosfer positif untuk terus menulis ini tetap tercipta,dan saya bisa menularkannya kepada para peserta didik untuk mampu menulis dan menghasilkan karya-karya terbaiknya.

Karena kalau menulis, suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi sampai jauh, jauh di kemudian hari,” pungkasnya. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.