Jangan Terlambat, Pilih Kampus yang Menjanjikan Masa Depan dari Sekarang

BSI

SUKABUMI – Ada dua program studi (prodi) yang saat ini sedang tren dan paling dicari, serta dimasa depan sangat menjajikan. Keduanya adalah Bisnis Digital dan Data Sains.

“Dua prodi tersebut, yakni Bisnis Digital dan Data Sains, paling dicari orang saat ini. Adalah penting bagi para generasi milenial untuk memilih kampus yang menjanjikan dari masa sekarang.

Bacaan Lainnya

Pilihlah kampus yan mempunyai Prodi Bisnis Digital dan Data Sains. Salah satunya adalah UNM,” kata Rektor Universitas Nusa Mandiri (UNM) Prof. Dwiza Riana kepada pers, Senin (11/4/2022).

Ia menjelaskan, Prodi Bisnis Digital merupakan jurusan yang berfokus pada pembelajaran bisnis dengan menggunakan teknologi digital. Di Prodi Bisnis Digital, generasi muda diajarkan untuk mengembangkan skill, pengetahuan, metode, konsep dan juga teknik yang dibutuhkan dalam transformasi digital untuk kebutuhan pengembangan bisnis.

Sedangkan Data Sains merupakan bidang ilmu terapan yang secara khusus mempelajari dan menganalisis data. Data Sains adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mengolah dan menginterpretasi data menurut formula statistika serta menggunakan bahasa pemrograman dan tools yang tepat dalam mengolahnya. Mahasiswa Prodi Data Sains akan mempelajari tentang data yang terstruktur dan tidak terstruktur.

Dwiza menegaskan, memilih Prodi Bisnis Digital bukan berarti mahasiswa tersebut harus punya bisnis tertentu. Tapi, berbagai perusahaan saat ini butuh sumber daya manusia (SDM) yang paham dan memiliki kompetensi bisnis digital.

Misalnya, perusahaan fintech, perbankan, otomotif, pemerintahan dan lain-lain. Mereka semuanya butuh orang yang menguasai bisnis digital.

Ia menjelaskan prospek karir lulusan Prodi Bisnis Digital sangat luas dan sangat cocok dengan situasi perekonomian saat ini. Beberapa prospek karir lulusan Prodi Bisnis Digital yaitu analis model bisnis digital, analis pemasaran digital, analis data bisnis digital, pengusaha start-up, perencana kreatif dan inovasi media digital, dan masih banyak lagi.

“Saat ini dan di masa depan, kebutuhan SDM yang paham bisnis digital, dan juga data sains, akan terus tumbuh dan berkembang. Kalau Anda masuk kuliah pada kedua prodi tsb, tahun ini, insya Allah 4 tahun lagi, saat Anda lulus kuliah nanti, ekosistem Bisnis Digital dan Data Sains itu sudah makin terbentuk, dan peluang berkarir di dua bidang itu sangat menjanjikan,” ujarnya.

Dwiza mengemukakan, saat ini sebagian kecil siswa kelas XII SMA/SMK sudah diterima di PTN melalui jalur SMPTN. Sebagian besar masih harus berjuang mengejar PTN melalui SBMPTN yang akan diadakan pada bulan Mei 2022 dan pengumumannya pada bulan Juni 2022. Kalau tidak lulus SBMPTN, pilihan mereka adalah kuliah di PTS.

“Menurut saya, sebaiknya siswa SMA/SMK kelas XII tidak menunggu bulan Juni baru mencari PTS. Sebab, selain biayanya relatif tinggi karena sudah merupakan gelombang PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) terakhir, mereka pun belum tentu mendapatkan prodi yang sesuai minat dan karir yang mereka incar di masa depan,” tuturnya.

“Jadi, jangan sampai terlambat. Pilihlah kampus terbaik dari sekarang. Dan jika Anda ingin kuliah Prodi Bisnis Digital atau Data Sains, UNM merupakan pilihan yang tepat. Sebab, Prodi Bisnis Digital dan Data Sains merupakan prodi unggulan UNM,” kata Dwiza.

Ia menginformasikan, saat ini UNM membuka PMB gelombang ketiga, April-Juni 2022. “Saya mengajak para siswa SMA/SMK kelas XII, ayo manfaatkan kesempatan baik ini. Segeralah mendaftar kuliah di UNM, dan pilihlah prodi terbaik yang menjanjikan masa depan,” ujarnya.(wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.