Dua Siswi SMAN 1 Parakansalak Melaju Ke Nasional Ajang KTI YSC

SMAN 1 Parakansalak

SUKABUMI – Dua siswi SMA Negeri 1 Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, akan mewakili Provinsi Jawa Barat dalam ajang Karya Tulis Ilmiah (KTI) 2021 tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Center For Young Scientists (CYS), pada 20 November 2021 mendatang secara daring melalui aplikasi Zoom meeting.

Dimana nanti siswa yang lolos masuk final akan di wawancara dalam Bahasa Inggris.

Bacaan Lainnya

” Insya Allah mudah-mudahan lolos menjadi juara, saat ini kita sedang melakukan bimbingan secara intens,” terang Guru Pembimbing Lomba Eris Rustandi

Dikatakan Eris, kedua siswi yang berhasil lolos ke final tersebut adalah Karin Tiara Rahmadina Kelas XI IPA 1 dan Ayang Amelia Fajriani Kelas XI IPA 3. Karya tulis berjudul “The Effectivesness Test of Rincik Bumi leaves (Ipomea Quamolcit Linn) Against Mortality Rate of Aedes Aegypti Larvae” ini berhasil membawa SMAN 1 Parakansalak berada di urutan ke-2 di tingkat nasional dari 12 finalis untuk kategori Environmental Science.

“Awal kita bisa ikut lomba ini, kami melakukan penelitian di laboratorium sebagai implementasi dari program kerja Laboratorium SMAN 1 Parakansalak yang mencoba melakukan beberapa penelitian bersama siswa yang berminat dalam penelitian bersama laboran Laboratorium sekolah. Lalu ada undangan lomba KTI dari pihak CYS dan Pudak Scientific dan kami memberanikan diri untuk berkompetisi di tingkat regional, karena ini merupakan pengalaman pertama di even ini,” tuturnya.

Lolos di tingkat regional, SMAN 1 Parakansalak kemudian langsung melaju ke tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Dari Jawa barat itu, alhamdulliah kita lolos beberapa tim dari Jawa Barat mewakili provinsi Jawa Barat ke tingkat nasional, dan Alhamdulillah setelah melewati babak penyisihan di nasional kita masuk finalis nasional di urutan ke 2 dari 12 Finalis untuk kategori Environmental Science,” tambah Eris.

Saat ini pun, keduanya tengah mempersiapkan diri untuk persiapan lomba di tingkat nasional. Dibantu dengan beberapa guru agar persiapan lombanya sempurna.

Sebagai salah satu guru yang kerap membawa siswanya menjuarai lomba sains ditingkat nasional, Eris pun sangat serius membimbing para siswa agar bisa lolos dalam lomba karya tulis ilmiah ini di ajang Lomba Penelitia Belia Indonesia yang diselenggarakan secara bergengsi setiap tahunnya.

“Untuk mengikuti lomba ini awalnya kita mengirimkan dua regu, namun hanya 1 yang lolos. Kita persiapkan proses penelitian di laboratorium dengan laboran bu Nira dengan menyiapkan tema yang menarik untuk lingkungan, lalu menyiapkan alat dan bahan, lalu kami melakukan penelitian dengan intensif serta pengulangan yang objektif, dilanjutkan pembimbingan dalam penyusunan makalah dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris secara teliti yang dibimbing oleh saya sebagai pembimbing utama dalam lomba ini.

Sementara untuk proses pembuatan video presentasi dibantu oleh pak Fiqri Hasan, serta presentasi dalam bahasa inggris dibantu oleh bu Rika, serta pengelolaan dan pengkondisian siswa oleh Wakasek Kesiswaan pak Asep Masykur Ali,” ucapnya.

Ia pun berharap tim SMAN 1 Parakansalak Kabupaten Sukabumi menjadi terdepan dalam kemampuan meneliti lewat pembuatan karya tulis ilmiah dan selalu berprestasi di bidang-bidang yang lain.

Adapun targetnya tentu menjadi juara nasional dan minimal mendapatkan medali, “Apalagi kalau mendapatkan medali emas di nasional dan bisa mewakili Indonesia di kancah internasional,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Parakansalak Eli Tarliah, sangat bangga dengan prestasi yang ditorehkan siswi SMAN 1 Parakansalak, karena ini merupakan yang pertama kali bisa tampil menjadi finalis tingkat nasional tahun 2021.
“Semoga lancar di final, dan tidak lupa saya mengucapkan terimakasih dan selamat juga kepada pembimbing Eris Rustandi, yang telah berjuang membimbing siswa sampai nasional.

Mudah-mudahan menjadi motivasi kepada siswa-siswa lainnya untuk berprestasi di bidang apapun di SMAN 1 Parakansalak khususnya dan sekolah-sekolah lainnya di Sukabumi umumnya,” pungkasnya

Dijelaskan,Lomba Peneliti Belia atau disingkat dengan LPB adalah lomba penelitian untuk siswa sekolah menengah di Indonesia yang dikelola oleh CYS sejak tahun 2005, Center For Young Scientists (CYS) ini memiliki sebaran bidang lomba yang banyak, Bidang lomba setiap peserta di LPB Nasional 2021 adalah sesuai di lomba asal (regional), adapun Bidang lomba adalah: Mathematics (Matematika), Computer Science (Komputer), Physics (Fisika), Environmental Science (Ilmu Lingkungan), Life Science (Ilmu Hayati), History (Sejarah), Psychology (Psikologi), Sociology (Sosiologi), Geography (Geografi), dan Economics (Ekonomi). dan ini merupakan ajang tahunan sampai tingkat internasional. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.