Dua Siswa MAN 1 Kota Sukabumi Juara Esai Nasional

MAN 1 Kota Sukabumi
BANGGA : Kedua siswa MAN 1 Kota Sukabumi Ihsan Ghazali dan Siti Hamidah peraih juara 2 lomba esai nasional paguyuban KSE Universitas Hasanudin 2022. (FOTO : dok/ist)

SUKABUMI— Dua siswa MAN 1 Kota Sukabumi berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional. Melalui ajang lomba esai Paguyuban Karya Salemba Empat (KSE) yang dilaksanakan oleh Universitas Hasanuddin Makassar, Minggu (14/8/2022). Kedua siswa bernama lengkap
Ihsan Ghazali kelas XII IPS 5 dan Siti Hamidah kelas XII IPA 5 berhasil meraih juara 2 tingkat nasional paguyuban KSE Universitas Hasanudin 2022

Kedua siswa yang juga dibantu guru pembimbing Viqhi Aswie mengambil judul esai “Halal Tourism Berbasis Metaverse Di Indonesia Pada Era Disrupsi,” berhasil menarik perhatian juri dengan menempatkan MAN 1 sebagai juara 2 dalam lomba esai tersebut dengan mengalahkan ratusan peserta lainnya se-Indonesia.

Kepala MAN 1 Kota Sukabumi Badru Tamam yang juga diwakili oeh Wakil kepala Bidang Humas MAN 1 Kota Sukabumi Dasep Hanan Mubarok mengaku sangat bangga den mengapresiasi prestasi yang diraih oleh siswanya itu. Tentunya prestasi ini telah menambahkan sederet panjang prestasi MAN 1 Kota Sukabumi di tingkat nasional.

“Alhamdululah madrasah kita semakin menasional bukan hanya dibidang akademik maupun non akademik,” ucapnya.

Sementara itu, guru pembimbing lomba esai, Viqhi Aswie menambahkan, penambilan judul esai tersebut dilatar belakangi oleh perkembangan pariwisata halal ( halal tourism ) di dunia saat ini sangat pesat dan tak terkecuali di Indonesia. Bahkan kementerian pariwisata, juga saat ini sedang mengembangkan konsep pariwisata ini. Namun, di era modern saat ini, branding-nya pun juga harus mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah teknologi Metaverse yang saat ini sedang sangat diminati masyarakat global terlebih generasi Z.

Oleh karena itu, penting untuk mengkonsep halal tourism ini menggunakan teknologi Metaverse di Indonesia. Sehingga turis mancanegara dapat merasakan berwisata secara virtual di Indonesia dengan mendapatkan kepuasan layaknya berwisata di dunia nyata

“Melalui perlombaan esai ini, anak-anak dilatih untuk peka terhadap perkembangan Indonesia dan Global saat ini. Sehingga anak-anak ketika nantinya lulus dari madrasah, siap bersaing dengan siswa-siswi lainnya,” pungkasnya. (wdy)

Pos terkait