Bernuansa Santri, Warnai KBM SMKN 2

  • Whatsapp

SUKABUMI – Ada yang berbeda dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SMK Negeri (SMKN) 2 Sukabumi, pada Senin (22/10). Pelajar yang biasanya tampil mengenakan seragam sekolah, kini tampil menggenakan pakaian muslim. Untuk pelajar putri menggunakan gamis, sedangkan pakaian koko, sarung, peci serta sandal bagi pelajar putra.

Tidak hanya murid, guru dan staf TU pun kompak mengenakan pakain muslim ala santri. Belakang diketahui, pemandangan unik itu ternyata dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada 22 Oktober 2018.

Bacaan Lainnya

Asisten Wakasek Kesiswaan SMKN 2 Kota Sukabumi Kusmawan Rustandi mengatakan, memperingati HSN pihaknya mewajibkan para pelajar bersama warga sekolah untuk menggenakan pakaian ala santri.

Meski menurutnya SMKN 2 Sukabumi bukanlah yayasan pondok pesantren, namun dengan kegiatan ini SMKN 2 memberikan sebuah penghargaan dan penghormatan kepada para santri dan ulama, di mana santri merupakan komunitas pelajar yang turut berjuang melahirkan dan memerdekakan Indonesia. Sehingga hal wajar apabila santri harus dihargai dan dihormati di negeri ini.

“Jadi kebetulan ada instruksi dari pemerintah bahwa di HSN ini, kita diwajibkan menggunakan pakaian ala santri seperti memakai sarung, peci sebagai bentuk penghormatan kepada para ulama bukan hanya santri,” ujarnya.

Kusmawan berharap, dengan menggunakan pakaian ala santri itu, para pelajar tidak hanya sekadar menghargai dan menghormati saja, tetapi mereka diharapkan bisa memiliki sikap dan akhlak para santri.

“Tidak hanya sekedar seremoni saja, tetapi tingkah laku serta sikap santri bisa diikuti oleh siswa seperti kemandiriannya, serta mereka itu sangat santun sekali terhadap gurunya, bisa saling merhargai dan berakhlakul karimah,”tutupnya.

 

(wdy)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *