Berikut Ini Akses Informasi PPDB 2024, Sekda Jabar: Semua Anak Bisa Daftar

PPDB Jabar
PPDB Jabar 2024. (foto: Ist/HO-Disdik Jabar)

PURWAKARTA – Terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 di Jawa Barat (Jabar), Sekda Jabar Herman Suryatman, menyampaikan bahwa semua lulusan SMP bisa daftar dan melanjutkan sekolah ke jenjang SMA/SMK/sederajat.

Herman juga mengingatkan agar panitia memiliki rencana cadangan dengan daftar manual. Hal itu untuk mengantisipasi jika sistem online tidak bisa diakses seluruhnya oleh orang tua siswa. Terutama di wilayah perdesaan yang mungkin tidak ada perangkat keras (Hp, komputer, laptop), maupun internet.

Bacaan Lainnya

“Semua anak SMP 100 persen harus daftar PPDB, pastikan tidak ada satupun anak yang tidak daftar,” tegas Herman, saat rapat PPDB di Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan wilayah IV Purwakarta, Senin (26/5/2024).

“Nanti kelanjutannya seperti apa bisa dibicarakan kemudian. Daftar saja dulu, dan tidak boleh terkendala hanya karena platform,” tambah dia, dikutip laman pemprov Jabar, Selasa (28/5/2024).

Dia pun meminta kepada pihak panitia PPDB 2024 untuk menyiapkan akses pendaftaran manual “Siapkan ruang (kanal pendaftaran manual), apabila tidak ada internet atau jika ada gangguan dan betul-betul terhambat, padahal pengen daftar,” tutur Herman.

Kepada 13 kepala KCD yang ada, Herman mengingatkan wajib belajar 12 tahun adalah hak masyarakat yang dijamin Permendikbud Nomor 19 Tahun 2016 tentang Program Indonesia Pintar.

“Semua warga negara semua, anak, berhak mendapatkan pembelajaran tanpa terkecuali, itu prinsip dasarnya. Jangan sampai karena kita ingin tertib jadi lupa dengan hak dasar masyarakat, hak dasar anak-anak,” jelas Herman.

Menurut Herman, wajar jika wajib belajar 12 tahun menjadi salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan PPBD. Alasan tidak ada biaya bukan lagi menjadi penghambat untuk mengenyam pendidikan.

“Jadi targetnya itu, salah satu indikator keberhasilan PPDB (Jabar) semua anak bisa daftar.  Kan tidak ada alasan masalah biaya bisa dibicarakan, karena kasian orang lembur yang masih terbatas keuangan makanya berikan kemudahan semudah-mudahnya,” katanya.

“Siapkan jalur manualnya, pasti capek. Tapi pokoknya tidak ada satu pun anak yang tidak mendaftarkan di PPDB 2024,” tambah Herman.

Herman mengingatkan, kesempatan jadi orang sukses adalah hak semua anak. Karena itu, keberlanjutan pendidikan dalam mendapatkan pembelajaran harus didapatkan oleh semua anak di Jabar.

“Semua anak ini hebat, semua anak punya peluang yang sama untuk jadi presiden, semua anak punya peluang yang sama untuk jadi jenderal. Jangan menilai, dan semua anak-anak pintar,” pungkasnya.

Berikut ini akses informasi pelaksanaan PPDB Jabar 2024 yang bisa didapatkan dalam jaringan (online) secara mandiri/operator sekolah asal, yaitu:

1. Website Resmi Disdik Jabar pada https://disdik.jabarprov.go.id/

2. Aplikasi Mobile Sapawarga pada Android/iOS.

3. Cabang Dinas Pendidikan dan sekolah tujuan (offline). Dengan catatan: jika tidak ada/terkendala jaringan internet, perangkat, atau daerah terpencil. (Ron/Hms)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *