10.506 Siswa Kota Sukabumi Ujian Sekolah

SDN Dewi Sartika CBM
Di hari pertama Ujian Sekolah (US) sejumlah siswa kelas VI mengerjakan soal ujian di SDN Dewi Sartika CBM, Cikole, Kota Sukabumi pada Senin (9/5/2022).

SUKABUMI – Setelah menikmati libur panjang Lebaran 2022, ribuan siswa di Kota Sukabumi langsung mengikuti Ujian Sekolah (US) pada Senin (9/5/2022).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Sukabumi, Mohammad Hasan Asari mengatakan, US tahun ini diikuti sebanyak 10.506 siswa se-Kota Sukabumi. Jumlah tersebut terdiri dari siswa kelas VI SD sebanyak 5.432 peserta dan kelas 9 SMP sebanyak 5.074 peserta.

Bacaan Lainnya

“Kalau dulukan Ujian Nasional (UN) untuk menentukan kelulusan sekolah itu, karena sudah tidak ada lagi jadi diganti dengan Ujian Sekolah (US) dimana kelulusan ditentukan oleh sekolah masing-masing,” terang Hasan kepada Radar Sukabumi, Senin (9/5).

Dikatakan Hasan, pelaksanaan US untuk Sekolah Dasar (SD) dilaksanakan mulai 9-14 Mei 2022, sementara untuk kelas 9 SMP dilaksanakan mulai 9-14 dan 17 Mei 2022 di sekolah masing-masing dengan diawasi oleh pengawas dan guru dari sekolah lain.

Sementara itu, untuk kegiatan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) akan dimulai 18 Mei 2022.

“Sesuai Surat Edaran (SE) Provinsi Jawa Barat (Jabar) soal penambahan libur sekolah karena adanya macet arus balik sekolah di daerah, dapat menyesuaikan dengan agenda masing-masing.

Nah, untuk Kota Sukabumi PTM untuk kelas 1-5 SD dan 7 dan 8 SMP kita mulai pada 18 Mei 2022, karena pada 9-17 itu sedang dilaksanakan ujian sekolah,” ucapnya.

Ia pun menghimbau kepada siswa yang saat ini sedang melaksanakan US untuk mengikuti dengan sebaik-baiknya agar diperoleh hasil yang maksimal, dan tentu saja pelaksanaan US tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak serta rajin mencuci tangan dengan sabun.

GRAFIS-ASementara itu, pelaksanaan US di SDN Dewi Sartika CBM Kota Sukabumi pada pelaksanaan US di hari pertama berjalan dengan lancar dan tertib.

Wakasek Kurikulum SDN Dewi Sartika CBM, Rika Opsari mengatakan US tahun ini diikuti sebanyak 127 siswa yang terdiri dari kelas VI. Adapun pelaksanaan ujian berlangsung pada 9-14 Mei 2022 secara tatap muka dengan sembilan mata pelajaran.

“Sebelumnya kita juga sudah melakukan berbagai persiapan seperti pemantapan dan lain-lainnya, saya harap selama ujian berlangsung bisa berjalan dengan lancar,” imbuh Rika yang juga Wali Kelas 6 di SDN Dewi Sartika CBM.

Ia berharap, pembekalan yang diberikan oleh para guru kelas VI di SDN Dewi Sartika CBM untuk US bisa menjadi bekal para siswa-siswi dalam menghadapi ujian.

Sebab menurutnya pembekalan yang diberikan para guru untuk ujian sekolah dinilai sudah cukup, karena sejak awal semester I dan akhir semester II persiapan ujian sekolah terus diberikan kepada para siswa.

“Memang agak berbeda tahun ini, beres liburan pas masuk langsung ujian sekolah, semoga anak-anak bisa lancar kerjakan soal ujian,”pungkasnya. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.