Tumbangkan Spanyol 2-1, Prancis juara UEFA Nations League 2021

  • Whatsapp
Kapten timnas Prancis Hugo Lloris mengangkat piala UEFA Nations League setelah mengalahkan Spanyol di laga final di San Siro, Milan, Italia, pada Senin (11/10). Antara/Reuters/Alberto Lingria

JAKARTA — Prancis berhasil menjadi juara UEFA Nations League 2021 usai menang dramatis 2-1 lawan Spanyol dalam laga final di San Siro, Milan, Italia, Senin (11/10) dini hari WIB.

Dilansir dari Antara, Spanyol unggul lebih dahulu berkat gol Mikel Oyarzabal, sedangkan Prancis bisa menyamakan kedudukan lewat gol Benzema. Kylian Mbappe menjadi pahlawan kemenangan tim Prancinis berkat golnya.

Bacaan Lainnya

Prancis hampir membuka gol ketika laga baru berjalan lima menit. Paul Pogba memberikan umpan terobosan ke Karim Benzema yang menusuk kotak penalti. Penyerang Real Madrid itu kemudian bisa melewati kiper Spanyol, Unai Simon. Namun, usahanya melepaskan umpan masih bisa dihalau Cesar Azpilicueta.

Setelah itu, Spanyol perlahan-lahan mulai mendominasi penguasaan bola dan dengan sabar membangun serangan dari belakang. Pada menit ke-12, Spanyol memberikan ancaman. Berawal dari umpan Ferran Torres dari sisi kanan yang bisa dijangkau Pablo Sarabia.

Meski dikepung pemain Prancis, Sarabia mampu melepaskan tembakan on target yang masih bisa diamankan Hugo Lloris.

Spanyol mendominasi laga hingga pertengahan babak pertama. Pada menit ke-32, Jules Kounde dianggap melakukan handball di kotak penalti saat berusaha menghalau umpan silang Rodri. Namun, wasit tidak memberikan penalti setelah meninjau VAR.

Pada menit ke-36, La Furia Roja memiliki peluang mencetak gol lewat tendangan bebas Marcos Alonso yang masih melebar dari gawang Hugo Lloris. Prancis bisa meredam dominasi Spanyol dan skor tetap 0-0 hingga babak pertama berakhir.

Selepas jeda, Prancis mulai memberikan tekanan kepada Spanyol. Namun, lini belakang tim asuhan Luis Enrique tersebut tampil solid dan bisa menggagalkan beberapa peluang berbahaya di awal babak kedua. Setelah itu, Spanyol mulai kembali mendominasi penguasaan bola.

Pada menit ke-63, Prancis nyaris mencuri gol lewat sebuah serangan balik cepat. Karim Benzema melepaskan umpan silang mendatar dari sisi kiri yang mampu disambar Theo Hernandez. Sayang, bola masih menghantam tiang gawang.

Satu menit berselang, Spanyol akhirnya bisa memecahkan kebuntuan. Umpan panjang Sergio Busquets dari tengah lapangan diterima Mikel Oyarzabal, yang memenangi duel dengan Dayot Upamecano dan melaju ke kotak penalti. Dia kemudian melepaskan tendangan yang tidak bisa dihentikan Lloris. Spanyol unggul 1-0.

Keunggulan Spanyol hanya bertahan sampai menit ke-66 setelah Benzema mencetak gol indah lewat sepakan melengkung dari sisi kiri kotak penalti yang tidak bisa dijangkau Simon. Kedudukan menjadi 1-1.

Laga kemudian berjalan sengit setelah kedua tim saling bertukar serangan. Pada menit ke-71, Mbappe mendapatkan ruang di kotak penalti untuk membobol gawang Spanyol. Sayang, tembakan pemain PSG itu masih lemah hingga mudah ditangkap Simon.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *