Kronologi Kericuhan di Final Sepak Bola SEA Games, Indra Sjafri : Mereka Terpancing

Indra Sjafri/ilustrasi-ilustrasi-Berbagai sumber
Indra Sjafri. (Foto :ilustrasi)

JAKARTA — Laga final cabang olahraga sepak bola di SEA Games 2023 antara Indonesia vs Thailand berlangsung panas hingga berujung kericuhan. Insiden kericuhan ini terjadi di pinggir lapangan antara official pemain kedua negara di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa 16 Mei 2023,

Sedangkan sepasang gol Thailand lahir berkat tandukan Anan Yodsangwal (65′) dan sepakan Yotsakon Burapha (90+7). Pelatih Indonesia Indra Sjafri menceritakan kronologi terjadinya kericuhan di pinggir lapangan tersebut.

Bacaan Lainnya

Kericuhan terjadi tepatnya setelah Indonesia mencetak gol ketiga melalui Irfan Jauhari (91′). Saat itu pemain dan ofisial melakukan selebrasi yang menghadap ke banch Thailand.

Apa yang dilakukan Indonesia merupakan balasan atas aksi serupa yang lebih dahulu dilakukan bench Thailand ketika pemainnya mencetak gol penyeimbang 2-2. Berawal dari kondisi tersebut, kericuhan pun pecah.

Lantas apa penjelasan Indra Sjafri?

Menurut Indra Sjafri, insiden tersebut merupakan hal yang sangat tidak perlu terjadi. Terlebih dalam olahraga sepak bola yang selalu menggaungkan fair play dan sportivitas.

“Ketika mereka mencetak skor 2-2, mereka bergegas ke arah kami untuk merayakannya sehingga keadaan menjadi tidak terkendali,” kata Indra Sjafri, dikutip dari laman 24h, Rabu 17 Mei 2023

“Kami mendapat keunggulan di gol ketiga dan segera merespons dengan merayakan di depan mereka, tapi menurut saya tindakan hari ini benar-benar tidak dapat diterima,” imbuhnya.

“Setelah pertandingan kami berbicara dan meminta maaf satu sama lain, sekarang tidak apa-apa,” sambungnya.

Meski terjadi insiden kericuhan di pinggir lapangan, Indra Sjafri meminta pemainnya di sisa waktu pertandingan mampu menjaga emosi dan bermain bersih. “Tujuannya agar insiden serupa tak terulang yang berpotensi merugikan timya,” ujarnya.

Usai kericuhan mereda, Wasit bertindak tegas dengan memberikan kartu merah ke beberapa official dan pemain dari kedua tim. Salah satunya diberikan kepada penggawa Indonesia, Komang.

“Saya mencoba memanggil semua orang kembali, mengatakan untuk menahan diri dan bermain lebih baik dari Thailand, bukan untuk bergulat dan bertarung,” tuturnya.

“Kami menang tidak hanya dengan skor tetapi juga dengan aksi, para pemain tetap tenang dan fokus untuk terus bermain,” imbuhnya.

Laga tersebut akhirnya dimenangkan Indonesia dengan skor 5-2 melalui perjuangan hingga extra time setelah di waktu normal skornya 2-2.

Gol kemenangan Tim Garuda Muda dicetak oleh Ramadhan Sananta (21′, 45+4′), Irfan Jauhari (91′), Fajar Fathur Rahman (107′), dan Beckham Putra (120′). Kesuksesan timnas Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja juga meninggalkan jejak makna spesial bagi Indra Sjafri.(*)

Pos terkait