Ini Hasil Undian Piala Dunia 2022: Juara Prancis Grup D, Tuan Rumah di Grup Menarik

Legenda Brasil Cafu mengambil nama Inggris
Legenda Brasil Cafu mengambil nama Inggris dalam undian Piala Dunia 2022 di Doha (1/4). (Franck Fife/AFP )

QATAR — Undian putaran final Piala Dunia 2022 resmi dilakukan tadi malam (1/4) WIB. Drawing berlangsung di Doha Exhibition and Convention Center, Qatar.

Qatar melawan Ekuador yang berlangsung pada 21 November bakal menjadi pembuka turnamen akbar empat tahunan tersebut. Selain dua negara tersebut, Grup A berisikan juara Afrika 2021 Senegal dan tim kuat Eropa Belanda.

Bacaan Lainnya

Duel menarik akan terjadi pada Grup F. Semifinalis Piala Dunia Rusia 2018, Belgia, akan menghadapi finalis empat tahun lalu Kroasia. Kedua tim dijagokan untuk melangkah ke fase 16 besar. Namun, Belgia dan Kroasia akan menghadapi perlawanan keras dari juara kualifikasi zona CONCACAF Kanada, dan tim kuat Afrika, Maroko.

Juara bertahan Prancis berada di Grup B. Kylian Mbappe dkk bakal berduel melawan Denmark, Tunisia, dan pemenang playoff intercontinental yakni Peru/Australia/Uni Emirat Arab.

Di Grup E, dua raksasa Eropa yakni Spanyol dan Jerman bakal bertempur. Dua negara tersebut tidak tampil impresif empat tahun lalu di Rusia. Jerman gagal lolos ke babak 16 besar dan hanya menjadi juru kunci F. Sedangkan Spanyol sudah kandas pada babak 16 besar, kalah adu penalti melawan tuan rumah Rusia.

Namun, dengan kekuatan dan nama besarnya, Spanyol dan Jerman tetap sangat difavoritkan lolos ke babak 16 besar. Mereka akan menghadapi pesaing tangguh dari raksasa Asia Jepang dan pemenang playoff antara Kosta Rika atau Selandia Baru.

Dua jagoan Amerika Latin, di atas kertas, bakal lolos ke babak 16 besar. Argentina difavoritkan melaju dari Grup C untuk melewati Arab Saudi, Meksiko, dan Polandia. Sementara itu, Brasil diprediksi lolos dari sergapan Serbia, Swiss, dan Kamerun.

Finalis EURO 2020 Inggris berada di grup menarik. Yakni bersama Iran, Amerika Serikat, dan pemenang playoff antara dua tim Britania: Wales dan Skotlandia atau tim yang sedang berperang, Ukraina.

“Membayangkan kami bisa satu grup bersama Ukraina tentu saja sangat emosional,” kata manajer Inggris Gareth Southgate.

“Ini akan menarik bukan? Sebab kami belum pernah bermain melawan Iran. Lalu kami juga akan menghadapi Amerika Serikat, tim yang sangat meningkat pesat. Ini adalah grup yang sulit, lebih dari hanya persoalan ranking FIFA. Grup ini berbahaya,” tambah Southgate.

Undian Fase Grup Piala Dunia 2022

Grup A
Qatar, Ekuador, Senegal, Belanda

Grup B
Inggris, Iran, Amerika Serikat, Wales/Skotlandia/Ukraina

Pos terkait

Tinggalkan Balasan