NASIONAL

Tol Cipali KM 132 sampai 129 Arah Jakarta Diberlakukan Contra Flow

CIREBON– Puncak arus balik libur lebaran 2018 membuat sejumlah ruas jalan mengalami kemacetan parah, tak terkecuali di Jalan Tol Cipali (Cikopo-Palimanan). Tol Cipali macet parah dari arah Cirebon menuju ke Jakarta.

Seorang pemudik, Nihrawati mengaku terjebak macet di Tol Cipali. Nihrawati yang mudik ke Cirebon dan hendak kembali ke Bogor mengatakan, kemacetan terjadi sejak masuk Tol Palikanci.

“Saya berangkat sejak pukul 09.00 hingga pukul 11.00 masih di km 130,” ucap Nihrawati.

Sementara itu, polisi dan operator tol Cipali memberlakukan sistem lawan arus atau contraflow di KM 132 sampai 129 arah Jakarta, Selasa (19/6) siang. Hal itu dilakukan untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas di Tol Cipali.

“Mulai jam 06.00 WIB kita lakukan contra flow, namun itu situasional, ketika padat akan dibuka dan lengang ditutup,” ucap General Manager Operasional PT Lintas Marga Sedaya (LMS), pengelola Tol Cipali, Suyitno, Selasa (19/6).

Menurutnya contraflow diterapkan karena kendaraan yang melintas di Tol Cipali sangat ramai, terutama yang mengarah ke Jakarta, sehingga menimbulkan kepadatan.

Menurutnya, puncak arus balik ke arah Jakarta terjadi pada tanggal 19-20 Juni.

Untuk itu para pemudik yang hendak balik ke Jakarta, agar selalu memantau lalu lintas rute yang akan dilalui, agar tidak terjebak pada kemacetan.

Hal senada dikatakan Kasatlantas Polres Indramayu, AKP Asep Nugraha. Ia mengatakan, untuk mengurai kepadatan ada dua alternatif yaitu melakukan one way dan juga contraflow.

“Saat ini kami masih berlakukan contraflow untuk mungurai kepadatan, tadi malam kita juga sempat memberlakukan jalur satu arah atau one way di KM 132 sampai 126 tol Cipali,” kata Asep.

(one/ps/pojokjabar)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button