Ridwan Kamil Resmikan Alun-alun Sorong dengan Wajah Baru, Begini Reaksinya

  • Whatsapp
Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Bupati Sorong Johny Kamuru saat akan meresmikan alun-alun Kabupaten Sorong/Istimewa

SORONG — Menurut Ridwan Kamil Jawa Barat dan Papua berjarak ribuan kilometer. Tapi mulai hari ini, Jumat (1/10) jarak tersebut terasa dekat. Khususnya antara Sorong di Papua Barat dengan Jawa Barat.

Penyebabnya tak lain keberadaan wajah baru Alun-alun Kabupaten Sorong yang justru diresmikan oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil. Selain meresmikan Alun-alun Sorong, Ridwan Kamil yang didamping sang istri, Atalia Praratya, juga dijadwalkan akan menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 di Stadion Lukas Enembe, Sabtu besok (2/10).

Bacaan Lainnya

Revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sorong ini memang hasil karya Ridwan Kamil yang berlatar belakang arsitek. Emil, sapaan akrabnya, mengaku diminta Bupati Sorong, Johny Kamurum untuk merancang wajah baru Alun-Alun Kabupaten Sorong saat dirinya masih menjabat Walikota Bandung.

“Nah waktu Pak Bupati ketemu saya, saya bilang salah satu tempat yang dirindukan warga adalah alun alun,” ucap Emil, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Emil pun kemudian mendedikasikan ilmu arsitekturnya untuk merancang wajah baru alun-alun yang berlokasi di Jalan Sorong-Aimas, Malawili, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong itu.

Menurutnya, sebagai ruang terbuka publik, alun-alun merupakan tempat yang istimewa dan jantung kota tempat warga berkumpul. Bahkan, alun-alun pun dapat menjadi wadah untuk berdemokrasi.

“Maka pas saya gambar, harus ada ragam hias, ragam budaya. Lalu ada juga fasilitas olahraga, dan lainnya,” ungkapnya.

Salah satu sisi menarik dari alun-alun tersebut, yakni adanya bangunan koridor yang dirancang menyerupai jajaran pohon-pohon besar. Hadirnya bangunan tersebut terinspirasi dari banyaknya pohon besar saat dirinya berkunjung ke Kabupaten Sorong.

“Bangunan di depan itu inspirasinya memang dari banyaknya pohon-pohon besar di sini yang diwujudkan dalam bentuk struktur,” jelas Emil.

Revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sorong sendiri terbagi dari dua sisi. Yakni sisi utara dan selatan. Emil meresmikan alun-alun sisi utara yang sudah rampung direvitalisasi.

Menurutnya, alun-alun sisi selatan nantinya akan hadir lebih megah.

Sebagai wujud kebermanfaatan yang selama ini dianutnya, Emil bahkan sudah melobi pemerintah pusat melalui Menkopolhulam, Mahfud MD, untuk membantu pembiayaan revitalisasi sisi selatan Alun-alun Kabupaten Sorong itu.

“Kabar baiknya, saya juga sudah menghadap pemerintah pusat yang rencananya akan membiayai pembangunan alun-alun tahap dua ini,” tuturnya.

Emil berharap, kehadiran wajah baru Alun-alun Kabupaten Sorong membawa kebahagiaan bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Sorong. Selain itu, mampu mendorong Kabupaten Sorong menjadi daerah yang lebih maju.

Ia menambahkan, kerja sama yang salah satunya diwujudkan melalui revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sorong ini merupakan wujud kebersamaan antara Jabar dan Papua sebagai provinsi yang bersahabat.

“Saya doakan, dengan kehadiran alun-alun ini, Kabupaten Sorong semakin maju. Pesan saya, setiap hari harus ada yang baru. Anak-anak harus pintar, sejahtera, dan hebat dari orang tuanya. Jangan sebaliknya,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Sorong, Johny Kamuru menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan dedikasi Ridwan Kamil yang telah mendesain Alun-alun Kabupaten Sorong hingga kini tampil beda.

“Ini memang sudah direncanakan sejak lama, tapi Puji Tuhan ini waktu yang tepat. Bayangkan, kemarin Corona lagi tinggi-tingginya, lalu sekarang ada PON (Pekan Olahraga Nasional), dan Presiden mau ke sini, luar biasa,” ujar Kamuru.

Diakui Kamuru, pihaknya meminta bantuan Ridwan Kamil untuk mengubah wajah Kabupaten Sorong, khususnya Diatrik Aimas menjadi sebuah kota yang modern sebagai salah satu visinya saat mencalonkan diri menjadi Bupati Sorong.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *