Profil Lengkap MenPAN-RB Baru Abdullah Azwar Anas, Sempat Gabung PKB

Profil lengkap Abdullah Azwar
Profil lengkap Abdullah Azwar Anas Sebagai MenPAN-RB yang Baru-Muchlis Jr.-BPMI Setpres

JAKARTA — Abdullah Azwar Annas yang merupakan MenPAN-RB baru menggantikan peran almarhum Tjahjo Kumolo. Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Abdullah Azwar Annas sebagai MenPAN-RB yang baru hari ini, Rabu 7 September 2022.

Abdullah Azwar Anas dilantik untuk menggantukan sosok Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia pada 1 Juli 2022 lalu. Lantas, siapa sih sebenarnya Abdullah Azwar Annas itu? Bagaimana sepak terjangnya selama ini?

Bacaan Lainnya

Abdullah Azwar merupakan pria kelahiran Banyuwangi, 6 Agustus 1973. Ia tumbuh besar di ruang lingkup pesantren sampai pernah menjadi Ketua Umum Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) saat kuliah.

Bahkan Abdullah pernah berkuliah di dua universtas sekaligus, yakni Fakultas Sastra Universitas Indonesia pada 1994-1999 dan Fakultas Teknologi Pendidikan IKIP Jakarta pada 1992-1998.

Kemudian untuk pendidikan master, ia menimba ilmu di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Univeristas Indonesia (UI) pada 2002 dan lulus 3 tahun setelahnya pada 2005.

Abdullah Azwar memulai karir politiknya pada 1997 menjadi anggota termuda Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dari utusan golongan. Selain itu ia sempat gabung juga menjadi anggota Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada 2001 untuk menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat PKB.

Lanjut, Azwar Anas terpilih menjadi anggota DPR RI mewakili daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur III pada tahun 2004. Meski sempat mencalon diri sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2009, tetapi ia akhirnya tidak lolos.

Pada tahun 2010, Abdullah Azwar ikut bersaing dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banyuwangi dengan pasangannya, Yusuf Widyatmoko. Hasilnya, Abdullah dan Yusuf sukses terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi periode 2010-2015.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.