Polisi : Kelabuhi Aparat, Rumah Mewah di Tangerang Jadi Lab Sabu

  • Whatsapp
Yusri Yunus
Kabid Humas Polda Metro Jaya Yusri Yunus. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

JAKARTA -– Polres Metro Jakarta Barat belum lama ini menggerebek sebuah rumah mewah di Karawaci, Tangerang, yang diduga sebagai laboratorium narkotika jenis sabu. Tempat ini dikendalikan oleh 2 warga negara Iran berinisial BF, 31, dan FS, 31.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, sabu dikirim ke Indonesia oleh sindikat ini dalam kondisi setengah jadi berbentuk gel. Bahan ini kemudian dimatangkan oleh kedua pelaku hingga diekstrak menjadi kristal sabu.

Bacaan Lainnya

“Biasanya penyelundupan sabu dari Timur Tengah itu dalam bentuk sudah jadi, sudah pernah diungkap Polda Metro, Polres, tetapi ini ada modus baru, mereka kelabui petugas. Jadi yg dikirim ke sini barang setengah jadi berbentuk gel biasanya di manifest disebut makanan,” kata Yusri di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (9/9).

Yusri menuturkan, bahan sabu ini didapat oleh tersangka dari Turki. Barang dikirim melalui jasa ekspedisi dan diberi keterangan bahan makanan untuk mengelabuhi petugas.

“Yang dia kirim ke sini bukan dalam bentuk jadi, tapi dalam bentuk cair atau gel yang manifestnya dalam bentuk makanan dan ini sudah dalam bentuk 80-90 persen,” jelasnya.

Lebih lanjut, Yusri menyampaikan, sabu yang dihasilkan para tersangka digolongkan ke sabu kelas 1. “Untuk pengiriman bahan sabu seberat 56 kg sekali kirim. Pada saat diolah itu cuma bisa jadinya kurang lebih 5 kg,” pungkas Yusri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *