Pengurus PBNU 2022-2027 Enam Habib Masuk Susunan, Gus Yahya Temui Menkumham

Cholil-Staquf-atau-Gus-Yahya-menemui-Menkumham
Cholil Staquf atau Gus Yahya bersama jajaran Pengurus PBNU 2022-2027 menemui Menkumham Yasonna H Laoly. (Twitter/@YahyaCStaquf)

JAKARTA – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menegaskan susunan pengurus PBNU 2022-2027 sudah rampung.

Gus Yahya telah mendatangi Kantor Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) untuk mendaftarkan susunan pengurus PBNU 2022-2027 kepada Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna H Laoly pada Jumat (21/1).

Bacaan Lainnya

Selain menyerahkan susunan pengurus PBNU 2022-2027, Gus Yahya juga melaporkan hasil Muktamar NU ke-34.

“Hari ini saya bersama pengurus PBNU hadir di Kemenkumham untuk melaporkan hasil Muktamar NU ke-34, sekaligus mendaftarkan susunan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama masa khidmat 2022-2027,” kata Gus Yahya melalui akun Twitternya, @YahyaCStaquf, Jumat (21/1).

Gus Yahya menyampaikan bahwa pengurus PBNU 2022-2027 akan dilantik di Kalimantan Timur (Kaltim) pada 31 Januari.

“Kami berharap penetapan kepengurusan bisa diterbitkan sebelum proses pelantikan yang insya Allah akan kami lakukan nanti 31 Januari 2022 di Kaltim,” jelas Gus Yahya.

Pengurus PBNU 2022-2027 cukup banyak. Jumlahnya 190 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 6 habib masuk daftar pengurus PBNU 2022-2027. Habib adalah keturunan Nabi Muhammad SAW.

Enam habib yang masuk daftar pengurus PBNU 2022-2027 yakni Habib Abdurrahim Assegaf, Habib Zein bin Umar bin Smith, Habib Luthfi bin Ahmad Al-Attas, Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf, Habib Ahmad Al Habsyi, dan Habib Abdul Qodir Bin Aqil, SH, MA, LLM.

Habib Abdurrahim Assegaf dan Habib Zein bin Umar bin Smith masuk dalam daftar Mustasyar.

Dalam struktur kepengurusan NU, Mustasyar memiliki arti orang alim yang pemikirannya diadobsi, baik didalam hal praktis, bidang ilmu, siyasi, keputusan dan lain sebagainya. Mustasyar dalam struktur organisasi NU berarti jajaran dewan penasehat.

Mustasyar bertugas dan berwenang memberikan nasihat kepada pengurus Nahdlatul Ulama menurut tingkatannya baik diminta atau pun tidak.

Sementara Habib Luthfi bin Ahmad Al-Attas masuk dalam jajaran Katib PBNU. Sedangkan Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf dan Habib Ahmad Al Habsyi menjadi A’wan PBNU 2022-2027.

A’wan adalah bagian dari Pengurus Lengkap Syuriyah. A’wan terlibat terutama dalam pengambilan kebijakan dalam rapat pleno atau forum permusyawaratan organisasi yang lebih tinggi, seperti musyawarah nasional (munas), konferensi besar (konbes), dan muktamar.

Terakhir, Habib Abdul Qodir Bin Aqil masuk dalam jajaran Tanfidziyah. Ia menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal PBNU 2022-2027.

Dalam struktur kepengurusan NU, Tanfidziyah adalah pelaksana. Jabatan di dalam struktur tanfidziyah terdiri dari ketua umum, wakil ketua umum, sekretaris jenderal, wakil sekretaris jenderal, bendahara umum, dan beberapa bendahara.

Tanfidziyah mempunyai tugas dan wewenang menjalankan pelaksanaan keputusan-keputusan organisasi sesuai tingkatannya.

Berikut ini daftar susunan pengurus PBNU 2022-2027 yang berjumlah 190 orang:

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.