Menko Airlangga Minta Kepala Daerah Turunkan Inflasi jadi di Bawah 5 Persen

Airlangga Hartarto
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (ist1)

JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto  yang merupakan Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) meminta kepala daerah baik itu gubernur, bupati, maupun wali kota di seluruh Indonesia untuk ikut menurunkan inflasi daerah. Terutama wilayah yang masih mengalami inflasi di atas 4,69 persen.

“Bapak ibu gubernur, bupati, wali kota, yang angka (inflasinya) di atas nasional diminta menurunkan inflasi dalam bulan-bulan ke depan (menjadi) di bawah 5 persen,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi secara daring, Kamis (1/9).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, masih ada 27 daerah yang masih mengalami inflasi di atas nasional. Sementara 66 dari 69 kabupaten/kota telah mengalami deflasi.

Airlangga yang juga menjabat sebagai Ketua Pengendalian Inflasi Pusat menyebut sejumlah daerah masih mengalami inflasi di atas 5 persen. Diantaranya, Jambi (7,7 persen), Sumatera Barat (7,1 persen), Riau (5,8 persen), Bangka Belitung (6,37 persen), Aceh 6,33 persen, Sumatera Selatan (5,45 persen), dan Kalimantan Tengah (6,94 persen).

Airlangga menyebut ada beberapa hal yang bisa dilakukan guna menekan inflasi. Seperti perluasan kerja sama antar daerah terutama untuk daerah surplus atau defisit guna menjaga suplai komoditas.

“Pelaksanaan operasi pasar dalam memastikan keterjangkauan harga dengan melibatkan berbagai stakeholder. Pemanfaatan platform pedagang digital untuk memperlancar distribusi,” ujar Airlangga.

Lalu, pemberian subsidi ongkos angkut untuk dukungan memperlancar distribusi, percepatan implementasi tanaman pangan di pekarangan masing masing. “Misalnya cabai untuk mengantisipasi permintaan yang tinggi terutama menuju akhir tahun,” imbuhnya.

Terakhir, Airlangga yang didampingi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati meminta daerah membuat neraca komoditas pangan strategis untuk 10 komoditas di wilayah masing-masing.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengimbau kepada wali kota dan bupati di setiap daerah untuk tidak cuek menghadapi persoalan terkait inflasi. Menurut Tito, sudah seharusnya inflasi menjadi isu prioritas untuk dikendalikan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.