Kouta CPNS dan PPPK Tahun 2024 Capai 2,3 Juta, Usulan Formasi Guru Masih Rendah

Para Pelamar CPNS sedang mengikuti tes SKD. (PANRB untuk JawaPos.com)
Para Pelamar CPNS sedang mengikuti tes SKD. (PANRB untuk JawaPos.com)

Menurut Anas, usulan formasi sedianya sudah ditutup pada akhir Januari lalu. Per saat ini, telah masuk usulan dari 478 instansi daerah untuk formasi guru. Dari jumlah ini, sebanyak 169 instansi daerah mengusulkan 22.142 formasi guru CPNS. Sedangkan 467 instansi daerah sudah mengusulkan 155.151 usulan PPPK guru.

Bacaan Lainnya

Angka ini tentu jauh dari angka 419.146 kebutuhan yang dialokasikan oleh pusat. Karena jika ditotal, sejauh ini formasi guru yang diajukan pemda hanya 177.293 formasi. Separuhnya saja belum.

“Kami menghimbau daerah agar mengoptimalkan usulan formasi yang sudah disediakan oleh pemerintah,” tegasnya.

Anas pun menekankan, pihaknya berkomitmen penuh dalam upaya pemenuhan guru. Sejak tahun 2021, KemenPANRB telah menetapkan formasi guru lebih dari 50 persen dari formasi nasional sebagai upaya pemenuhan satu juta guru yang diusulkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Hasilnya, tingkat keterisian formasi guru diklaim naik menjadi lebih dari 78 persen dari sebelumnya sekitar 58 persen.

Di sisi lain, Anas juga berkomitmen untuk menyelesaikan penataan tenaga non-ASN yang targetnya rampung pada akhir tahun ini. ”Penyelesaian tenaga non-ASN ini kami dasarkan pada database yang ada di BKN,” sambungnya.

Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPANRB Aba Subagja menambahkan, pihaknya hingga saat ini masih membuka ruang lebih untuk usulan guru dari daerah. Khusus instansi daerah di regional 2 disebutnya masih bisa mengusulkan kebutuhan guru melalui e-formasi hingga 2 Maret 2024. ”Dengan afirmasi ini, harapannya daerah bisa mengoptimalkan usulan guru, bahkan kalau bisa hingga memenuhi target satu juta guru,” tandasnya.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *