Komisi II Desak KPU Segera Putuskan Tanggal Pemilu 2024

Wakil Ketua Komisi II DPR Luqman Hakim meminta KPU segera memutuskan tanggal Pemilu 2024. (Dok. DPR)

JAKARTA — Sampai saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum memutuskan kapan waktu pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Wakil Ketua Komisi II DPR Luqman Hakim meminta lembaga yang dikepalai Ilham Saputra tersebut segera memutuskan tanggal hajatan serentak lima tahunan ini.

Menurut Luqman, merujuk pada Undang-Undang (UU) Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, KPU memiliki kuasa penuh untuk menentukan hari pecoblosan di setiap Pemilu.

Bacaan Lainnya

“Jelas dan terang perintah undang-undang ini. Karena itu, KPU tidak perlu ragu sedikitpun untuk segera menetapkan waktu pemungutan suara Pemilu 2024. Ini semua demi menjaga keberlangsungan kehidupan bangsa dan negara Indonesia,” ujar Luqman kepada wartawan, Sabtu (13/11).

Legislator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menuturkan, posisi Komisi II DPR bersama dengan pemerintah hanyalah memberikan saran dan masukan saja. Namun keputusan akhirnya ada di KPU untuk menentukan tanggal pelaksanaan Pemilu 2024.

“Kapan rapat dimaksud akan diselenggarakan, tentunya setelah KPU mengajukan permohoman konsultasi, barulah Komisi II akan menentukan kapan waktu rapatnya. Jadi, posisi Komisi II menunggu bola saja,” katanya.

Karena itu, Luqman meminta KPU segera menentukan tanggal Pemilu 2024 tersebut. Sehingga selanjutnya bisa menyusun berbagai tahapan untuk hajatan akbar serentak tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.