Biofarma : Tes Covid-19 Cukup dengan Kumur-Kumur, Tak Perlu Dicolok

Bio Saliva produk tes Covid-19 dari Biofarma. (Hilmi Setiawan/Jawa Pos)

JAKARTABiofarma segera mengedarkan alat tes Covid-19 terbaru berbasis air liur dengan cara kumur-kumur. Setelah itu tetap diproses di laboratorium PCR.

Dibandingkan metode selama ini, tes Covid-19 berbasis air liur dinilai lebih nyaman ketimbang harus colok hidung dan rongga mulut. Alat itu bisa digunakan untuk anak-anak usia lebih dari lima tahun yang saat ini sudah mulai banyak kembali sekolah tatap muka.

Bacaan Lainnya

Produk terbaru tersebut diberi nama Bio Saliva. Kepala Divisi Komunikasi Pemasaran dan Distribusi PT Biofarma Hidayat Setiaji mengatakan, alat tersebut sudah mendapatkan nomor izin edar dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Uji validasi post market produk Bio Saliva itu melibatkan tiga lembaga. Yaitu Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia, Lab Biomedik Lanjut FK Universitas Padjadjaran, dan Lab Mikrobiologi Klinik FK Universitas Airlangga.

’’Ada beberapa kelebihan PCR Gargle Bio Saliva ini,’’ kata Hidayat Setiaji dalam Kickoff Ritech Expo 2021 di Jakarta, Rabu (3/11).

Selain bisa digunakan untuk anak-anak mulai umur lima tahun, alat itu juga mengurangi risiko paparan langsung antara tenaga kesehatan dengan penderita Covid-19. Keunggulan berikutnya adalah cocok untuk pengambilan sampel dengan antrean yang panjang.

”Sampel virus hasil kumur-kumur juga tidak membutuhkan suhu dingin. Karena sampel dapat disimpan di suhu ruang,’’ jelas Hidayat Setiaji.

Hasil riset menggunakan mBioCov diketahui bahwa tingkat sensitivitasnya mencapai lebih dari 90 persen. Hidayat mengatakan, cairan yang digunakan untuk kumur-kumur aman jika tidak sengaja tertelan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.