Beredar Kabar Irjen Ferdy Sambo Diganti Brigjen Hendro Pandowo, Begini Faktanya

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro
ILUSTRASI: Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo. (Istimewa)

JAKARTA — Beredar kabar Irjen Ferdy Sambo akan dicopot dari jabatannya sebagai Kadiv Propam Polri buntut baku tembak Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dengan Bharada E.

Diketahui, Baku tembak ajudan Ferdy Sambo dengan sopir pribadi istri Ferdy Sambo, Putry Chandrawati, terjadi di kediaman pribadi Kadiv Propam Polri itu pada Jumat (8/7) lalu. Polisi menyebut, baku tembak Brigadir J dengan Bharada E terjadi dipicu pelecehan seksual yang dilakukan Brigadir J kepad Putry Chandrawati.

Bacaan Lainnya

Seperti diberitakan Pojoksatu (Jawa Pos Group), kabar pencopotan Irjen Ferdy Sambo sebagai Kadiv Propam itu beredar di kalangan wartawan. Ferdy Sambo akan digantikan Brigjen Pol Hendro Pandowo yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya.

Sebelum jadi orang nomor dua di PMJ, Hendro Pandowo menjabat sebagai Karo Provost Propam Polri. Kabar yang beredar, surat telegram pergantian jabatan Kadiv Propam akan segera diterbitkan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Sementara, peluang pencopotan Ferdy Sambo itu disampaikan langsung Kapolri dalam konferensi pers di Mabes Polri pada Selasa (12/7) malam.

Sigit berucap, pencopotan itu didasarkan rekomendasi tim gabungan yang dibentuk untuk mengusut tuntas kasus tersebut. “Tentunya rekomendasi dari tim gabungan akan menjadi salah satu bahan saya untuk mengambil kebijakan-kebijakan,” ungkap Sigit.

Sigit menjelaskan, timsus bentukannya itu dipimpin langsung Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono. Tim tersebut juga terdiri dari Irwasum Komjen Pol Agung Budi Maryoto, Kabareskrim Komjen Agus Andrianto.

Pos terkait