Konsumsi 5 Makanan Ini Saat Hamil, Niscaya Bayi Anda Cerdas

  • Whatsapp

RADARSUKABUMI.com – Bayi sudah terbilang pintar sejak di dalam kandungan, peneliti juga menyarankan ibu hamil untuk hati-hati dalam berbicara. Meski bayi sudah dikatakan pintar sejak dari dalam kandungan, bukan berarti Anda bisa langsung santai dan tidak menjaga dan merawat kehamilan secara maksimal.

Menurut dr. Devia Irine Putri, orang tua punya andil besar dalam membuat bayinya terlahir cerdas. Salah satunya dengan memberikan asupan nutrisi penting dan mencegah terkena paparan zat berbahaya sejak masa kehamilan.

Bacaan Lainnya

“Jadi saat hamil ibu harus mengoptimalkannya. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, menjauhi paparan yang berbahaya, misalnya paparan bahan kimia, rokok, dan alkohol,” ujar dr. Devia Irine.

Untuk menunjang kecerdasan anak, dr. Devia Irine menyarankan ibu makan makanan bernutrisi tinggi. Antara lain dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak baik, kolin, zat besi, dan protein. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa makanan yang bisa meningkatkan kecerdasan bayi:

1. Ikan Berlemak
Asam lemak omega-3 merupakan bagian penting dari perkembangan otak bayi. Ibu hamil wajib makan ikan berlemak seperti tenggiri dan salmon, setidaknya sebanyak dua atau tiga porsi per minggu.

2. Sayuran Hijau
Makan sayuran berdaun hijau penting dilakukan untuk membantu menjaga otak bayi terlindungi dari kerusakan jaringan. Asam folat pada sayuran juga dikenal bisa mengurangi risiko cacat tabung saraf, mencegah bibir sumbing, dan berbagai kelainan jantung pada bayi.

3. Telur
Telur yang direbus merupakan makanan tinggi protein dan rendah kalori. Selain itu ibu hamil dapat mengonsumsi telur untuk mendapatkan manfaat kolin yang terbukti membantu perkembangan otak dan meningkatkan daya ingat janin.

4. Keju
Vitamin D sangat penting untuk perkembangan kognitif bayi. Ibu hamil dengan kadar vitamin D rendah dalam tubuhnya berisiko melahirkan bayi dengan tingkat IQ rendah. Jika ingin agar si kecil lahir cerdas dengan IQ tinggi, pastikan untuk menambahkan keju rendah lemak dalam piring makanan Anda, ya!

5. Blueberry
Blueberry adalah buah kaya kandungan antioksidan yang membantu perkembangan kognitif bayi Anda. Selain blueberry, Anda juga bisa mengonsumsi stroberi, raspberry, blackberry, tomat, atau kacang-kacangan agar si bayi di dalam kandungan tumbuh pintar dan sehat.(OVI/AYU/klikdokter)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *