Tim Animal Rescue Damkar Kota Sukabumi Taklukkan 77 Ular

Tim Animal Rescue Damkar Kota Sukabumi
Personel Tim Animal Rescue Damkar Kota Sukabumi saat melakukan evakuasi ular

SUKABUMI — Sepanjang Januari hingga Juni 2022, Tim Animal Rescue Damkar Kota Sukabumi berhasil menaklukan sebanyak 77 ular berbagai jenis yang masuk pemukiman warga. Ular ini, diamankan karena khawatir mengganggu keselamatan warga.

Kasi Pemberdayaan dan Pelatihan Masyarakat Damkar Kota Sukabumi, Kurnia mengatakan, dari jumlah total ular yang dilakukan evakuasi kebanyakan merupakan jenis piton dan cobra. “Ya, kebanyakan jenis ular yang dievakuasi ini merupakan sanca dan sisinya jenis cobra,” kata Kurnia kepada Radar Sukabumi, Rabu (8/6).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Tim Rescue Damkar Kota Sukabumi langsung terjun ke lokasi apabila terdapat laporan dari warga terkait adanya ular di pemukiman. “Dalam penanganan ular ini, tentunya petugas menggunakan peralatan keselamatan seperti tongkat dan lainnya,” ucapnya.

Sejauh ini, sambung Kurnia, dalam mengevakuasi ular belum ada petugas yang terkena gigit. “Karena petugas Tim Animal Rescue ini sudah dibekali keahlian sehingga bisa menangani semua jenis ular,” imbuhnya.

Sementara itu, kendati banyak ular yang masuk kepermukiman warga namun, sejauh ini tidak ada korban akibat gigitan ular. “Sebab itu, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan ketika kami menerima laporan dari warga, petugas langsung terjun melakukan evakuasi,” tutupnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan