Semua Gedung di Kota Sukabumi Wajib Miliki Alat Pemadam Api Ringan

Alat Pemadam Api Ringan
Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Pelatihan Damkar Kota Sukabumi, N Kurnia saat memperlihatkan Apar, Jumat (26/8). FT: BAMBANG/RADARSUKABUMI

CIKOLE – Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi, menggencarkan sosialisasi terkait pentingnya pengadaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) baik disetiap instansi pemerintah maupun perusahaan untuk mengantisipasi apabila terjadinya kebakaran.

Kepala seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Pelatihan Damkar Kota Sukabumi, N Kurnia mengatakan, Damkar terus melakukan sosialisasi tentang pemahaman penggunaan APAR hingga simulasi ketika terjadi kebakaran.

Bacaan Lainnya

“Ya, karena keberadaan APAR ini sangat penting, bahkan disetiap bangunan berukuran 100 peter persegi diwajibkan ada satu unit APAR,” kata Kurnia kepada Radar Sukabumi, Jumat (26/8).

Lanjut Kurnia, sejauh ini perlangkapan alat kebakaran disetiap instansi pemerintahan maupun swasta juga dinilai masih minim. Sebab itu, Damkat berinisiatif untuk mengingatkan agar disetiap instansi menyediakan APAR.

“Pertama kali sosialisasi rencananya akan dilakukan di Kecamatan Cikole dan nantinya akan diselenggarakan di setiap kecamatan,” ujarnya.

Sebelum terjadinya kebakaran, sambung Kurnia, tentunya harus ada upaya mengantisipasi sehingga ketika terjadi kebakaran masyarakat bisa berupaya memadamkan api secara mandiri.
“Dengan begitu, masyarakat bisa menangani kebakaran sendiri dan ketika api membesar harus langsung melaporkannya ke Dampar,” bebernya.

Kurnia menambahkan, setelah adanya sosialisasi ini masyaramat diharapkan bisa melakukan antisipasi dan penanganan saat terjadi kebakaran di lingkungannya masing-masing.
“Tentunya pemadaman kebakaran juga bukan hanya dilakukan Bidang Damkar saja tetapi masyarakat juga harus mengetahui bagai mana cara memadamkan api ketika terjadi kebakaran,” tutupnya. (Bam)

Alat Pemadam Api Ringan
Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Pelatihan Damkar Kota Sukabumi, N Kurnia saat memperlihatkan Apar, Jumat (26/8). FT: BAMBANG/RADARSUKABUMI

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.