Satlantas Polresta Sukabumi Lakukan Ram Check, Minimalisir Kecelakaan Jelang Lebaran

Satlantas Poltrs Sukabumi Kota
Sat Lantas Polres Sukabumi Kota saat melakukan tes kelayakan (ram check) kepada salah satu bus jelang mudik lebaran 2022, di Terminal Tipe A Sukabumi, Selasa (19/4).

CITAMIANG— Satuan Lalu lintas (Sat Lantas) Polres Sukabumi Kota melakukan tes kelayakan (ram check) kepada ratusan bus jelang mudik lebaran 2022, di Terminal Tipe A Sukabumi, Selasa (19/4).

Pemeriksaan tersebut dilakukan secara maraton, mengingat mobilisasi arus mudik akan berlangsung pada beberapa hari kedepan.

Bacaan Lainnya

Kasatlantas Polres Sukabumi Kota, AKP Tejo Reno Indratno mengatakan, kegiatan yang dilakukan tersebut, merupakan bentuk antisipasi Satlantas Polres Sukabumi Kota dan meminimalisir terjadinya kecelakaan menjelang mudik lebaran tahun ini.

“Saat ini kami menyasar bus AKAP dan AKDP dengan melakukan ram check dengan dibantu petugas terminal tipe A Sukabumi, “ujar Tejo kepada Radr Sukabumi.

Masih menurut Tejo, pihaknya juga mengingatkan agar para pengemudi angkutan umum, untuk mengikuti standar keselamatan berkendara.

“Angka kecelakaan bisa ditekan, dengan kesadaran pengguna jalan tentang kepatuhan terhadap keselamatan berkendara di jalan raya,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengimbau kepada para pengelola angkutan umum, untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

Mengingat, pandemi Covid-19 masih terjadi. “Pandemi Covid-19 belum berakhir, oleh sebab itu kami juga mengimbau pengelola agar tetap menerapkan protokol kesehatan saat masa mudik,” terangnya.

Di tempat terpisah, Kepala Terminal Tipe A KH Sanusi Kota Sukabumi, Yukki Rahmat Yunus mengungkapkan, pemeriksaan bus yang akan beroperasi selalu dilakukan pemeriksaan setiap harinya.

Hal ini juga untuk menjaga keselamatan dijalan dan memberikan rasa aman juga terhadap penumpang ketika akan menaiki Bus di Terminal Tipe A.

“Selain kendaraan yang harus lulus dalam pengujian, kami juga memeriksa kelengkapan supir, yakni apakah benar-benar memiliki SIM, termasuk kelengkapan adminsitrasi bus lainya,” aku Yukki.

Yukki juga menambahkan, saat ini ada sekitar 200 armada, terdiri dari Bus Angkutan Kota Dalam Propinsi (AKDP) dan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang siap untuk menghantarkan penumpang setiap harinya. “Ada sekitar 200 Bus yang ada di Terminal Tipe A ini,” katanya.

Disisi lain Yukki juga berharap, setelah dibukanya kebijakan mudik setelah dua tahun lalu tidak dilakukan, bisa meramaikan kembali Terminal termasuk semua transportasi.

Meskipun saat ini, masih tergolong sepinya penumpang di terminal tersebut. “Masih sepi belum ada lonjakan. kemungkinan sih bsia saja H-3 jelang Idul Fitri,” tuturnya.

Yang jelas jika kebijakan dubukanya lagi mudik, tentu saja pihaknya tetap mengikuti aturan yang berlaku. Diantaranya, Protokol Kesehatan (prokes), kemudian ada pengecekan bagi penumpang setiap akan masuk ke Terminal tipe A, seperti menunjukan kartu vaksin atau melalui aplikasi peduli lindungi.

“Kami siap melayani penumpang dengan mengedepankan prokes. Termausk nantinya kami juga akan menyediakan Pos Pengamanan yang bekerjasama dengan berbagi instansi dan lembaga lainya,” pungkasnya. (cr1/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.