PT PLN UP3 Sukabumi Tingkatkan Pemeliharaan, Satu Hari Dua Jaringan Terbakar

pln
Kodisi kerusakan konektor titik sambung kabel saluran rumah (SR) ke kabel JTR Jaringan Tegangan Rendah yang berada di depan Toko Ananda jalan Ciwangi Kelurahan/ Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi

SUKABUMI — Memasuki musim hujan, PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sukabumi, nampaknya harus bekerja ekstra melakukan pemeliharaan jaringan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan.

Terbukti, pada Sabtu (13/11), Gardu STVW pengaman trafo (fuselink) putus dan kerusakan juga terjadi pada konektor titik sambung kabel saluran rumah (SR) ke kabel jaringan tegangan rendah.

Bacaan Lainnya

Kepala Bidang Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan pada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi Sudrajat mengatakan, sekira pukul 14.00 WIB menerima laporan dari warga terdapat jaringan PLN terbakar di depan Toko Ananda jalan Ciwangi Kelurahan/ Kecamatan Cikole.

“Setelah mendapat laporan, respon time satu menit petugas sudah tiba di lokasi dengan menerjunkan dua unit mobil kendaraan kebakaran,” kata Sudrajat kepada Radar Sukabumi, belum lama ini.

Beruntung, lanjut Sudrajat, tidak korban jiwa dalam peristiwa ini dan api dapat dipadamkan dengan menggunakan alat pemadam kebakaran (apar) dan dilanjutkan pengecekan serta pendataan.

“Kami mengingatkan kepada PT. PLN agar melakukan pengecekan dari tiang gardu ke tuang gardu lainnya secara berkala, jangan sampai terulang terus dan merupakan kejadian yang kedua kalinya di bulan ini.

Dimana, sebelumnya terjadi di daerah Nangerang Lembursitu dapur listrik memgeluarkan api sehingga aliran listrik di wilayah mengalami pemadaman,” ujarnya.

Sementara itu, Manager Jaringan PT PLN UP3 Sukabumi, Andis Verinda Putra membenarkan, pada Sabtu trafo di wilayah PLN Unit Sukabumi Kota Gardu STVW pengaman trafo putus dan kerusakan juga terjadi pada konektor titik sambung kabel SR ke kabel JTR di depan Toko Ananda.

“Setelah ada laporan, petugas langsung melakukan pengecekan dan keseluruhan aman. Fuselink diganti dan normal kembali,” paparnya.

Menurut Andis, setiap enam bulan PT PLN UP3 Sukabumi melakukan pemeliharaan secara rutin. “Preventif trafo, kami melakukan pengecekan tahanan isolasi, fisik trafo dan pemeliharaan atau penggantian minyak trafo, pengukuran beban hingga pemerataan beban trafo.

Sementara, preventif konstruksi yakni, pemeliharaan dan penggantian material pendukung di gardu, pemeliharaan lemari bagi gardu serta pemeliharaan nilai pentanahan gardu,” pungkasnya. (bam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.