Wali Kota Sukabumi Pastikan Pengerjaan RTLH Berjalan Lancar

Walikota Sukabumi Achmad Fahmi
Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi memonitoring pelaksanaan Bantuan Stimulan Rumah Swadaya Pra Sejahtera, di Kelurahan Cikundul dan Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu, Senin (26/12).

LEMBURSITU – Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi turun gunung memonitoring pelaksanaan Bantuan Stimulan Rumah Swadaya Pra Sejahtera. Kali ini, kunjungan tersebut dilakukan di Kelurahan Cikundul dan Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu, Senin (26/12).

Fahmi ingin memastikan perbaikan rumah tidak layak huni ini bisa rampung pada akhir tahun ini. Momen tersebut sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menyediakan rumah layak huni bagi warga. ” Rumah layak huni amanat pemerintah agar layak ditempati warga,” ujar Fahmi disela-sela kunjungannya.

Bacaan Lainnya

Selain itu, agama pun mengamanati bentuk kebahagiaan itu salah satunya memeiliki rumah yang nyaman. Disamping mempunyai pasangan yang soleh, memiliki tetangga yang baik dan memiliki kendaraan yang nyaman. Oleh karenanya pemerintah diharapkan mampu mempersiapkan dan memfasilitasi rumah yang layak bagi warha, salah satunya dengan bantuan ini.

Tetapi dengan keterbatasan, tidak semua warga yang rumah tidak layak huni mendapatkan bantuan. Hal ini karena alokasi anggaran jauh lebih sedikit dibandingkan jumlah rumah tidak layak huni (rutilahu).

Sehingga kata Fahmi, dilakukan penilaian mana masyarakat rumahnya bisa dibantu melalui berbagai program pengentasan utilahu. Dan ada syarat contohnya lahan yang dimiliki warga dan syarat lainnya.

”Alhamdulillah di Cikundul dan Situmekar salah satu daerah dengan bantuan 20 unit karena diprioritaskan, Berharap sampai tahun tertentu tidak ada rumah tidak layak huni di Lembursitu, sehingga nanti Kecamatan Lembursitu bebas dari rutilahu,” ungkap Fahmi.

Khusus program ini, alokasi bantuan sebesar Rp 35 juta per unit, rinciannya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Rp 20 juta per unit ditambah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Sukabumi 15 juta per unit total Rp 35 juta per unit.

Dengan bantuan tersebut, diharapkan warga memiliki rumah layak dan ada warga yang berkontirbusi pada pembangunan sesuai dengan kemampuan demi kenyamanan. ” Jadikan rumah paling menyenangkan bagi kita bukan hanya dari sisi fisik tapi juga non fisik,” ungkap Fahmi.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Sukabumi Didin Syarifudin menerangkan, bantuan ini sudah diserap 100 persen. Di Kelurahan Situmelqr dan Cikundul jumlah yang menerima bantuan 20 unit. (cr4/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *