Pemerintah Kota Sukabumi

Usang, RPH DKP3 Bakal Dirombak

WARUDOYONG – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Peternakan dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi bakal memperbaiki Rumah Potong Hewan (RPH) di tahun ini. Lantaran, selain kondisi fisik sudah mulai usang, perbaikan terebut dilakukan untuk memenuhi standar RPH.

Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi menjelaskan, jika melihat aturan Kementrian Pertanian di bidang peternakan, RPH satu-satunya milik Pemerintah Kota Sukabumi ini tidak sesuai dengan standar RPH sehat.

“Ya kami lakukan perbaikan, baik secara fisik bangunannya dan perlengkapan lainnya. Itu kami lakukan untuk memenuhi standar RPH sehat sesuai dengan aturan kementrian,” jelasnya kepada Radar Sukabumi, kemarin (21/2).

Perbaikan dan pemeliharaan yang dilakukan, lanjut Kardina, mulai dari fisik seperti kandang dan beberapa bangunan lainnya. Selain itu, beberapa perlengkapan juga diperbaharui sehingga hewan yang dipotong pada RPH ini mendekati kategori sehat.

“Termasuk amdalnya kita juga perbaiki, karena ada limbah ya hasil pemotongan hewan ini. Khusus untuk kandang sapi import itu tidak bisa disamakan dengan yang lokal, harus landai makanya kita juga perbaiki,” terangnya.

Adapun anggaran yang telah disiapkan untuk memperbaiki dan melengkapi RPH tersebut, diperkirakan kurang lebih mencapai Rp 800 juta rupiah. Dirinya mengharapkan, pasca diperbaiki hewan yang dipotong pada RPH ini menghasilkan kualitas daging yang sehat.

“Tentunya kami berharap kualitas daging yang dipotong pada RPH milik pemerintah ini berkualitas dan tentunya sehat,” pungkasnya. (upi/d)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button