Soal IOMKI, Diskumindag Kota Sukabumi Pastikan Perusahaan Kooperatif

  • Whatsapp
Perusahaan di Kota Sukabumi
Salah seorang pejabat perusahaan saat memantau proses pengerjaan oleh karyawannya.

DISKUMINDAG – Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kota Sukabumi memastikan perusahaan besar di Kota Sukabumi telah mengantongi Izin Operasional dan Mobilisasi Kegiatan Industri (IOMKI) selama PPKM level 4.

Hal tersebut menjadi acuan pemerintah daerah untuk mengawasi keberlangsungan operasional perusahaan di sejumlah sektor industri manufaktur.

Bacaan Lainnya

“Perusahaan besar memang sudah masuk, apalagi di Kota Sukabumi ini relatif sedikit. Ada sekitar 6 perusahaan yang mengantongi izin tersebut,” ujar Kabid Perdagangan Kabid Perdagangan Diskumindag, Kota Sukabumi, Widya Yudha Setiawan kepada Radar Sukabumi.

Perusahaan yang harus mengantong izin itu dilihat dari skala banyaknya pegawai dan tingkat produksi. Dirinya memastikan perusahaan di Kota Sukabumi ini kooperatif dalam kepatuhan perusahaan menjalani operasionalnya dari segi adminitrasinya.

“Perusahan Saga, Great Apparel, Supra Natami Utama, Folindo sementara baru 4 yang sudah konfirmasi. Dua perusahaan PT.Universal Rubberindo dan PT. Sinar Makmur masih dalam konfirmasi,” ujarnya.

Regulasinya itu kata Yudha sudah dikeluarkan dari Kementerian, dimana perusahaan wajib untuk mengurusi izin tersebut. Pihaknya bersama kepolisian terus memantau dan mengawasi perusahaan dalam menjalani operasionalnya.

“Kita sering berkomunukasi, dengan adanya data-data itu mereka cukup kooperatif, “akunya.

Kalau untuk UMKM itu kata Yudha merupakan skala mikro. Artinya tidak diterapkan izin tersebut. Hanya saja dalam penerapan protokol kesehatan harus dilakukan.

Pihaknya memastikan di Kota Sukabumi UMKM sudah menerapkan prokses sesuai dengan aturan.

“Produksi mereka berjalan, orang yang dipekerjakan mendapatkan pekerjaan dan prokes diterapkan, sehingga roda perekonomian bisa berjalan karena gas aau rem perekonomian dan kesehatan harus seimbang,” pungkasnya. (bal)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *