Pemerintah Kota Sukabumi

Proyek DAK dan Bangub Dipercepat

CIKOLE – Dalam upaya memaksimalkan penggadaan barang dan jasa di Lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Setda Kota Sukabumi sudah melakukan roadshow kesetiap perangkat daerah yang akan melelangkan pekerjaan di tahun 2020.

Apalagi pekerjaan yang bersumber pada Dana Alokasi Khusus ( DAK) lantaran terkait dengan batas waktu. ” Proses lelang dan pencairan DAK itu ada batas waktunya paling lambat 22 Juli. Sehingga proses lelangnya harus dimulai di awal tahun,” ujar Kepala BPBJ Setda Kota Sukabumi, Fahrurrazi, Senin (20/1).

Tak hanya itu, pekerjaan yang bersumber dari Bantuan Provinsi pun bisa dilelangkan dari awal tahun. Meskipun saat ini peraturan gubernur belum diterbitkan.

” Ada juga beberapa dinas belum siap tender lantar terkait Pergub. Tapi kami menyarankan untuk mengajukan tender awal saja, kalau nanti ada perbubahan peraturan, tendernya bisa dibatalkan dan penyedia jasa tidak boleh menuntut,” ungkapnya.

Sementara itu dalam roadshow jemput bola kesetiap SKPD kata Fahrurazi pihaknya memeriksa kesiapan personel PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) dan PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan) serta dokumen-dokumen pekerjaan yang akan ditenderkan.

“Dokumen yang diperiksa antara lain dokumen perencanaan, spek, HPS (Harga Perkiraan Sendiri), dan jenis kontraknya,” katanya.

Lanjut dia, dalam waktu dekat Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan akan melakukan tender untuk pekerjaan Taman Alun-alun dan penataan Lapang Merdeka.

Begitu juga Dinas Perhubungan sudah bersiap-siap untuk tender pekerjaan DAK yang pelaksanaannya sekitar minggu pertama bulan Februari 2020.

Ditambahkan Fahrurazi untuk meningkatkan kapasitas para PPK lantaran adanya peraturan- perarutan baru, pihaknya akan melakukan Bimtek bagi PPK Kontruksi pada 22 Januari. Begitupun bagi pelaku usaha jasa konstruksi akan diselenggarakan 27 Januari, mendatang. (bal)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button