Penegakan Perda Mihol di Kota Sukabumi Masih Nihil

  • Whatsapp
Satpol PP Kota Sukabumi saat melakukan operasi penegakan Perda Mihol.

SUKABUMI — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi, menyebutkan selama 2020 ini tidak ada penindakan terkait dengan Minuman Beralkohol (Mihol). Pasalnya, hampir semua kegiatan saat ini tidak ada akibat rekopusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

Kabid Penegak Perda (Gakda) Satpol PP Kota Sukabumi, Ajat Sudrajat mengatakan, terhitung Januari hingga September ini tidak ada penindakan. Beda hal dengan tahun sebelumnya yang menindak tiga pelanggaran Mihol sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2014 yang disempurnakan dangan Perda nomor 13 tahun 2015 Tentang Larangan Minuman Beralkohol.

Bacaan Lainnya

“Tahun ini tidak ada kegiatan karena fokus untuk penanganan Covid-19. Kalau tahun sebelumnya ada tiga pelanggaran yang kami tindak sesuai aturan yang berlaku,” kata Sudrajat kepada Radar Sukabumi, Kamis (17/9).

Adapun, beberapa sanksi yang diberikan sesuai dengan Perda tersebut yakni, untuk yang berkedapatan mengkonsumsi diancam kurungan penjara selama satu bulan dengan denda Rp25 juta, pengedar diancam dengan kurungan penjara selama tiga bulan dan denda Rp40 juta.

Sedangkan, bagi yang menyimpan diancam hukuman enam bulan penjara dan denda Rp60 juta. “Jadi sanksi untuk pembeli, penjual dan yang menjual berbeda. Sesuai dengan Perda Kota Sukabumi harus 0 persen alkohol,” ujarnya.

Dalam penegakan Perda larangan Mihol ini, sambung Sudrajat, Satpol PP Kota Sukabumi terus menggencarkan operasi dengan sasaran tempat penjual jambu, Tempat Hiburan Malam (THM), Kos-kosan dan tempat lainnya.

“Kami terus berupaya menyisir semua tempat yang sering dijadikan tempat jualan Mihol termasuk disetiap THM,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, dengan berbagai upaya yang dilakukan dapat membuahkan hasil yang signifikan sehingga ke depan Kota Sukabumi dapat bebas dari Mihol.

“Kami akan terus berupaya menekan Mihol di Kota Sukabumi. Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama yang terjalin baik dengan semua elemen bisa membuahkan hasil sesuai harapan,” pungkasnya. (bam/t)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *