Pemkot Sukabumi Dorong Berdayakan Ekonomi Masjid

Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi
Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi

LEMBURSITU— Pemerintah Kota Sukabumi mendorong pengembangan sentra usaha kecil dan menengah (UKM) di tiap daerah di Kota Sukabumi salah satunya berbasis masjid. Langkah tersebut sebagai upaya membangun generasi kuat dan tangguh baik sisi akidah ilmu termasuk ekonomi.

“Alhamdulillah, kita sudah melauching UMKM berbasis masjid, saya yakin ini bagian dari membangun generasi kuat tangguh baik sisi akidah ilmu termasuk ekonomi.

Bacaan Lainnya

Mudah-mudahan, kerja sama DKM dengan International Profesional Institute (IPI) semakin menguatkan ekonomi berbasiskan masjid,” kata Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi disela-sela peresmian sentra UKM di Masjid Nawirul Ummah Kecamatan Lembursitu, Jumat (23/4) malam.

Di sisi lain, Fahmi mengatakan, mulai 2022 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan pemerintah menjadikan masjid sebagai Unit Pengumpul Zakat (UPZ). Hal ini karena fakta sejarah betapa banyak warga yang belum mendapatkan bantuan, akan tetapi di sisi lain ada yang dapat.

Sehingga masjid sebagai UPZ dalam kerangka menuntaskan masalah ekonomi umat. Di mana masjid menjadi UPZ dibawah pembinaan Baznas. Harapannya dapat menghadirkan generasi kuat dari berbagai sektor termasuk ekonomi.

Fahmi mengatakan, ketika masjid berdiri kokoh maka tidak ada alasan untuk tidak memakmurkan masjid. Sehingga kegiatan keagamaan lebih semarak dan masjid jadi simbol persatuan dan persaudaraan di kalangan umat.

Terakhir, wali kota memohon doa doa agar Sukabumi segera pulih dari pandemi Covid yang berdampak pada semua bidang ekonomi. Sehingga ekonomi warga akan bangkit kembali.

Salah seorang warga Lembursitu Wa Empe (55) mengatakan, warga sekitar masjid menyambut baik adanya sentra UKM. “Banyak jamaah yang merupakan warga yang dalam perjalanan singgah di masjid untuk beribadah dan bisa membeli produk UKM,” kata dia. (cr1/t/*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.