Pemkot Kembali Tambah Empat Mobil Anyar

Ilustrasi Mobil Dinas

CIKOLE – Pemerintah Kota Sukabumi melalaui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) kembali menambah armada baru bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN). Mobil merek Honda Crv, Rush dan Toyota Avanza telah dibeli pada tahun ini untuk mempermudah operasional para abdi negara.

Kepala Bidang Aset BPKD Kota Sukabumi, Agus Mulyadi mengungkapkan, di tahun ini BPKD kembali membeli empat unit mobil. Satu unit Honda Crv, Rush dan dua Toyota Avanza ink dibeli berdasarkan pemetaan kebutuhan kendaraan di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi.

Bacaan Lainnya

“Ya, kami baru-baru ini menambah kembali mobil yang diperuntukan untuk menunjang operasional ASN eselon dua dan tiga, diantaranya honda Crv dan Avanza sudah didistribusikan,” ungkapnya kepada Radar Sukabumi saat ditemui diruang kerjanya, kemarin (22/5).

Selain hasil pemetaan dan analisa kebutuhan kendaraan, lanjut Agus, pengadaan empat unit mobil baru ini juga merupakan kebijakan pimpinan daerah dan usulan BPKD Kota Sukabumi. “Jadi pengadaan empat mobil ini memang berdasarkan kajian kebutuhan, sepertinya halnya Toyota Rush ini diperuntukkan bagi eselon dua atau kelapa dinas yang masih menggunakan Avanza sebelumnya,” terangnya.

Untuk anggaran pengadaan empat mobil baru ini, bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Sukabumi 2019. Yakni untuk pembelian honda Crv senilai Rp 450 juta, dua unit toyota avansa Rp 210 juta dan Toyota rush senilai Rp 150 juta. “Untuk harga sendiri bagi pemerintah itu relatif lebih murah, ada selisih dari sepuluh sampai dua puluh juta lah,” sebutnya.

Sedangkan jumlah keseluruhan mobil untuk eselon dua dan tiga berjumlah 106 mobil, jumlah ini secara keseluruhan masih tergolong kurang terutama bagi eselon tiga. “Sebenarnya masih kurang, karena memang dalam aturan seharusnya eselon tiga menggunakan mobil, di Kota Sukabumi baru 60 persen terpenuhi mobil bagi eselon tiga,” pungkasnya. (upi/t)

Pos terkait