Pemindahan Gedung PKB Terkendala Anggaran, Dishub Kota Sukabumi Butuh Suntikan Rp1,2 Miliar

  • Whatsapp
Kondisi Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dishub Kota Sukabumi di Jalan Baros, Kampung Nangela, Kelurahan/Kecamatan Baros

SUKABUMI — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sukabumi, memaparkan rencana pemindahan Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) yang berada di Jalan Baros, Kampung Nangela, Kelurahan/Kecamatan Baros, batal dilakukan tahun ini.

Hal itu, terjadi akibat adanya rekopusing agaran untuk penanganan Covid-19 sehingga tidak dapat membeli peralatan untuk pengujian kendaraan.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Abdul Rachman mengatakan, pemindahan pelayanan uji KIR Kendaraan harusnya dilakukan pada tahun ini namun, anggaran untuk membeli kebutuhan peralatan pengujian direkopusing sehingga batal dilakukan tahun ini.

“Ya, tidak jadi pindah tahun ini. Soalnya komponen utama dari bangunan uji itu alat. Percuma kalau bangunan ada tapi alatnya tidak ada,” kata Abdul kepada Radar Sukabumi, belum lama ini.

Lanjut Abdul, kebutuhan untuk membeli peralatan uji KIR kendaraan ini memerlukan biaya yang cukup pantastis yakni dikisaran Rp1,2 miliar. “Mudah-mudahan tahun depan tidak ada rekopusing anggaran lagi sehingga Gedung PKB sudah bisa beroperasi,” ujarnya.

Menurutnya, keberadaan Gedung PKB ini sebagai salah satu upaya Dishub dalam meningkatkan pelayanan terhadap pemilik kendaraan yang hendak melakukan uji KIR kendaraan.

Gedung PKB yang baru ini berada di luas lahan 1,2 hektare sehingga akan mampu menampung banyak kendaraan yang hendak di uji KIR.

Beda halnya dengan degung yang ada saat ini, kapasitas parkirnya sudah tidak dapat menampung kendaraan dengan jumlah yang banyak.

“Apalagi kalau banyak kendaraan besar, di gedung ini sudah tidak muat lagi sehingga dibutuhkan relokasi ke gedung baru yang memang lahan parkirnya juga luas,” ucapnya.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan, sambung Jumyati, Dishub berharap kedepan pelayanan dapat lebih optimal dan bisa mempermudah bagi masyarakat yang hendak uji KIR kendaraan. “Kami akan terus berinovasi dan berbenah diri untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi ke depannya,” pungkasnya. (bam/t)

loading...

Pos terkait