Pemerintah Kota Sukabumi

Pembatasan Pembelian Pangan, Cegah Panic Buying

PEMKOT SUKAUMI – Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, Andri Setiawan menekankan kepada para pengusaha supermarket termasuk glosir untuk melakukan pembatasan pembelian kepada setiap konsumen.

Apalagi informasi yang diterimanya pernah terjadi panic buying disejumlah toserba.

“ Kami Jadi kami juga menghimbau kepada para pelaku usaha agar bisa melakukan pembatasan yang berkaitan dengan ketahanan pangan.

Misalkan minyak goreng setiap orang paling banyak bisa membeli satu sampai tiga biji, dan itu tidka boleh lebih,”ujarnya saat Rakor evaluasi dan kesiapan ketersediaan pangan pokok, di Kantor DKP3 Kota Sukabumi, Selasa (17/3).

Dalam agenda tersebut, Andri juga mengundag Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan, Perinudtrian (Diskopdagrin), Bagian Perekonomian sampai pengusaha supermarket termasuk glosir yang ada di Kota Sukabumi.

Dengan tujuan melakukan melakukan evaluasi dan kesiapan ketersediaan pangan pokok dan strategi. Hal ini tentunya, salah satu bentuk aksi cepat untuk mengantisipasi corona. ” Dikhawatirkan terjadi kelangkaan pangan akibat dampak corona tentu saja akan menimbulkan gejolak sosial.” katanya.

Namun dikatakan Andri sejauh iniketersediaan pangan pokok masih relatif aman. Terutama untuk beras, Kata Andri masih mencukupi hingga bulan April mendatang, kecuali gula pasir.” Makanya Rakor ini juga sekalian membahas ketersediaan pangan menjelang puasa sampai lebaran nanti,”aku Andri.

Andri mengaku, hasil Rakor ini akan disampaikan langsung ke Pimpinan daerah (Walikota Sukabumi), bahwa pihaknya sudah melakukan langkah-langkah antisipasi dalam menghadapi corona, termasuk menjelang puasa nanti.

“Inisiatif yang kita lakukan ini, tentu saja akan disampaikan ke Pak Wali, nantinya apakah akan ada kebijkan baru yang akan di keluarkan oleh Pak Walikota terkait ketahanan pangan,”tuturnya.

Bentuk antisipasi lainya, khusus ditujukan kepada masyarakat penerima manfaat ataupun daerah yang tergolong rawan pangan, dalam waktu dekat juga akan dilakukan melakukan bazar murah. Hal ini juga untuk mengantisipasi adanya lonjakn harga.”Rencananya dibulan depan,”pungkasnya. (bal)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button