Kota Sukabumi Peringkat ke-3 Nasional Indeks Daya Saing Daerah tahun 2021

Banyu Citra Anggara
Kepala Bidang Litbang Bappeda Kota Sukabumi, Banyu Citra Anggara

CIBEUREUM— Pemerintah Kota Sukabumi berhasil menaikan nilai Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) di 2021. Pencapaian tersebut menjadikan Kota Sukabumi meraih peringkat ke-3 secara nasional dengan nilai sebesar 3.8162.

Pencapaian itu naik 11,58 persen dari pencapaian tahun 2020 yakni 3,4202.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah pencapaian IDSD tahun 2021 untuk Kota Sukabumi naik peringkat dari kategori tinggi menjadi sangat tinggi.

Pencapaian ini juga sudah melampaui target yang ditentukan untuk akhir RPJMD tahun 2023 kategori tinggi,” Kepala Bidang Litbang Bappeda Kota Sukabumi, Banyu Citra Anggara, Minggu (6/3).

Hasil tersebut kata Bayu berdasarkan hasil pengisian kuesioner IDSD yang dilakukan melalui aplikasi database IDSD Badan Riset dan Inovasi Nasional ( Kemenristek/BRIN).

Dimana pencapaian dan dukungan IDSD tahun 2021 untuk penilaiannya berdasarkan beberapa indikator diantaranya mulai dari nilai aspek Daya Manusia (SDM) yang meningkat 7,26 persen, aspek faktor pasar yang mengalami pertumbuhan secara signifikan sebesar 37,23 persen dengan nilai 3,917, aspek ekosistem inovasi nilai 3,695 dan aspek faktor penguatan yang mengalami penurunan dengan nilai 3,653.

Dijelaskannya, empat faktor penilaian IDSD diantaranya aspek faktor SDM meliputi kesehatan, pendidikan dan keterampilan, aspek faktor pasar meliputi efisiensi pasar produk, ketenagakerjaan, aspek keuangan dan ukuran pasar, aspek ekosistem inovasi meliputi dinamika bisinis, kapasitas inovasi dan kesiapan teknologi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.