Laksanakan Empat Bimtek dan Penataan Lingkungan di RW 16

  • Whatsapp
Kondisi pembangunan jalan dengan pavling blok di RW 16. Pembangunan yang dibiayai dana kelurahan 2019.

LEMBURSITU – Bantuan Dana Kelurahan 2019 untuk Kelurahan Lembursitu pada pencairan tahap pertama dimanfaatkan untuk empat kegiatan pemberdayaan dan satu kegiatan pembangunan infrastruktur.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Bacaan Lainnya

Lurah Lembursitu, Saepulloh, S.Pd yang didampingi Kasi PPM Kelurahan Lembursitu, Duduy Kusyadi, SE menerangkan bantuan program Dana Kelurahan 2019 untuk Kelurahan Lembursitu dimanfaatkan pada kegiatan non fisik dan fisik. “Untuk kegiatan non fisiknya, dengan menyelenggarakan bimtek (bimbingan teknis/pemberdayaan) di empat titik kegiatan,”katanya.

Ia menyebutkan keempat titik Bimtek tersebut di antaranya untuk bidang kesehatan, ekonomi, Kamtibmas, dan RT/RW.

Lurah menerangkan untuk kegiatan bidang kesehatan menyelenggarakan Bimtek tentang kapasitas peningkatan kesehatan kader posyandu dan kesehatan, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), penanganan HIV/Aids. Menghadirkan pembicara dari Dinkes dan KPA Kota Sukabumi.

Kemudian Bimtek kedua yang juga dibiayai Dana Kelurahan tahap pertama adalah bidang ekonomi, yakni, imbuhnya, peningkatan pengembangan usaha UMKM di wilayah Kelurahan Lembursitu dengan menghadirkan pembicara dari Disperindagkop Kota Sukabumi.

Pada Bimtek ketiga, pihaknya melalui LPM Kelurahan Lembursitu sebagai penyelenggara mengadakan Bimtek Kamtibmas yang diikuti 80 anggota Linmas se-Kelurahan Lembursitu. Para peserta dibekali materi keamanan lingkungan untuk wilayah Lembursitu.

Para peserta juga dibekali materi tentang pengenalan dan deteksi dini bencana alam, seperti gempa bumi, kebakaran, dan lain sebagainya. Para peserta dilatih untuk meminimalisir kerugian materi dan imateri akibat bencana alam.

“Bimtek keempat melaksanakan pelatihan administrasi RT/RW, “katanya. Bimtek RT/RW juga melibatkan 80 peserta dari perwakilan RT/RW se-Kelurahan Lembursitu.

Sementara itu, selain menyelenggarakan Bimtek pemberdayaan non fisik, anggaran Dana Kelurahan 2019 pada tahap pertama juga diwujudkan untuk pembangunan fisik. Menurutnya, pada anggaran Dana Kelurahan 2019 tahap pertama, LPM Kelurahan Lembursitu sebagai pelaksana telah membangun infrastruktur penataan lingkungan pemukiman di RW 16 dengan menggunakan pavling blok sepanjang 329, 74 meter dari perencanaan awal sepanjang 260 meter.

“Kegiatan ini sudah terealisasi,” singkatnya.

Lurah Lembursitu yang didampingi Kasi PPM Kelurahan Lembursitu mengatakan, pada pencairan dana kelurahan 2019 tahap kedua nanti, pihak LPM Kelurahan Lembursitu sebagai pelaksana rencananya akan mengerjakan kegiatan fisik berupa penataan lingkungan di RW 11 dengan menggunakan pavling blok sepanjang 453 meter dan pemeliharaan irigasi tersier sepanjang 200 meter di RW 06 yang tujuannya untuk meningkatkan produktifitas pertanian. (*)

Disiplin dan Loyalitas

Lurah Lembursitu, Saepulloh, S.Pd

Lurah Lembursitu, Saepulloh, S.Pd mengatakan displin dan loyalitas adalah hal utama dalam bekerja dan melayani masyarakat.

“Disiplin dalam pengerjaan, tepat waktu, dan loyalitas kepada masyarakat dengan tidak pilih kasih,”singkatnya. Disiplin dan loyalitas juga dalam rangka mendukung jargon Pemerintah Kota Sukabumi yang Santun dan Melayani. (dit)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *