Kecamatan Gunungpuyuh

Kelurahan Sriwedari Laksanakan Pembangunan Non Fisik Pemberdayaan

KOTA SUKABUMI – Anggaran Dana Kelurahan 2019 untuk Kelurahan Sriwedari direalisasikan untuk kegiatan non fisik.

Sedangkan untuk pembangunan fisiknya masih dimatangkan sebab menurut lurah karena ada beberapa hal yang perlu ditinjau ulang agar mantap di 2020 mendatang.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Lurah Kelurahan Sriwedari Kecamatan Gunung Puyuh, Didin Rosidin, SPd menerangkan bantuan anggaran Dana Kelurahan 2019 untuk Kelurahan Sriwedari pada tahun ini baru difokuskan untuk pembangunan kegiatan non fisik pemberdayaan terlebih dahulu.

“Untuk pembangunan fisiknya belum dilaksanakan karena ada beberapan hal. Mudah-mudahan bisa matang di 2020,”katanya.

Adapun pembangunan non fisik pemberdayaan yang sudah terlaksana di Kelurahan Sriwedari, menurutnya, pertama pelatihan kapasitas kader posyandu yang diikuti 80 peserta. Pemateri dari Dinas Kesehatan, Puskesmas, PKK Kota, dan dari Dinas Dalduk.Tempat di ruang pertemuan kelurahan.

Lalu , kedua, imbuhnya, melaksanakan kegiatan sosialisasi persampahan oleh DLH dan mitra DLH, yakni Bank Sammi.

Lurah menyampaikan kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh 40 peserta dari RT/RW, tokoh masyarakat, pemuda dan wanita.

Kemudian, ketiga, imbuhnya, melaksanakan kegiatan pemberdayaan tentang Pelatihan Tanggap Bencana Kebakaran bagi Linmas dari BPBD Kota Sukabumi. Materinya tentang antisipasi bencana.

Pematerinya dari Polsek dan Koramil Gunung Puyuh. Isi materinya secara garis besar tentang stabilitas keamanan dan kewaspadaan wilayah. Dilaksanakan juga di ruang rapat Koordinasi Sriwedari.

Pesertanya dari perwakilan tiap RW anggota Linmas ada 14 RW atau 40 peserta.

Pelatihan pemberdayaan yang keempat, lanjutnya, adalah Bimtek Kapasitas Kader PKK RW dan kelurahan diikuti 30 orang.

Pematerinya dari tim TP PKK Kota Sukabumi dari Pokja I sampai IV dengan juga Nara sumber dari Puskesmas Cipelang.

Kegiatan non fisik yang kelima, menurut lurah masih dalam rencana, yakni, imbuhnya rencananya dilaksanakan pada Ahad kelima di bulan ini. Materinya, imbuhnya, tentang kapasitas RT/RW rencananya Sabtu sekarang melibatkan 72 peserta RW 14 RT 58.

Sementara itu, lurah menerangkan sejumlah alasan pembangunan fisik belum terlaksana di 2019 karena menurutnya, pertama masih dalam pembelajaran pihaknya.

Kedua, imbuhnya, karena tingkat SDM maupun LPM kelurahan dan ketiga baru akhir November beres dibuat. Jadi, katanya, agak terlambat.

Namun menurutnya sudah dibuatkan berita acaranya ke Pemkot Sukabumi diharapkan pada 2020 sudah matang dan pembangunan fisiknya bisa terlaksana sesuai harapan masyarakat Kelurahan Sriwedari. (*)

Briefing untuk Tingkatkan Produktifitas Kerja

Lurah Sriwedari, Didin Rosidin, S.Pd

Lurah Sriwedari, Didin Rosidin, S.Pd selalu memotivasi stafnya minimal dalam sebulan melaksanakan tiga kali briefing dengan melihat situasi dan kondisi.

Ini dilakukannya, imbuh lurah, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan demikian bisa Santun Melayani kepada masyarakat,”katanya.

Dengan merutinkan briefing juga bisa meningkatkan prdouktivas kerja. (dit)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button