Kecamatan Gunungpuyuh

Kelurahan Karamat Laksanakan Tiga Kegiatan Fisik, Empat Kegiatan Non Fisik

RADARSUKABUMI.com – Dana Kelurahan 2019 untuk Kelurahan Karamat dimanfaatkan untuk tiga kegiatan fisik, empat kegiatan non fisik, dan sejumlah pengadaan untuk masyarakat.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Lurah Karamat, Heri Purnomo, SH, MH melalui Kasi PPM Nandar Sudrajat, S.IP menjelaskan tentang realisasi bantuan Dana Kelurahan 2019 di Kelurahan Karamat.

Ia menjelaskan pihaknya telah melakukan empat kegiatan non fisik pemberdayaan, tiga kegiatan fisik, dan sejumlah pengadaan yang antara lain untuk kegiatan non fisik pertama, Pelatihan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat dengan pemateri dari Dinas Persampahan dengan peserta sekitar 50 orang.

Kemudian kegiatan kedua di bidang non fisik adalah peningkatan kegiatan Kompetensi Pengurus Organisasi dan Kelompok Masyarakat. “Pematerinya dari akademisi/perguruan tinggi, Asep Deni dan LPM,”katanya. Diikuti oleh 65 peserta dari kelompok masyarakat dan 38 RT serta 9 RW.

Kegiatan yang ketiga, Wawasan Kebangsaan Pemuda pesertanya dari karang taruna se-Kelurahan Karamat sebanyak 50 orang. Pematerinya dari Forum Karang Taruna Kota Sukabumi dan akademisi.

Kegiatan bimbingan teknis yang keempat, imbuhnya, adalah Bimtek Tanggap Bencana bagi anggota Linmas se-Kelurahan Karamat sebanyak 65 peserta. Pematerinya dari BPBD, Satpol PP, Polsek dan Danramil Gunung Puyuh.

Sementara itu, ia menerangkan pada pelaksanaan kegiatan non fisik tersebut ada kegiatan pengadaan untuk masyarakat sebanyak lima pengadaan antara lain, Nandar yang mewakili Lurah Karamat menyebutkan gerobak sampah sebanyak lima unit, pengadaan pot dan kembang sebanyak 50 buah.

Menurutnya, ini diberikan saat melakukan Bimtek Pengelolaan Sampah. Kemudian, imbuhnya, pada Bimtek Wawasan Kebangsaan ada pemberian dua unit komputer, alat musik reliji, dan alat musik tradisional.

Sedangkan pada Bimtek Simulasi Bencana telah mengadakan, imbuhnya, sarana prasarana Pos Pengamanan Terpadu, tiang penunjuk arah, serta handy talky. Terakhir pihaknya juga memberikan pengadaan meubeler pada Bimtek Kopetensi Pengurus Organisasi.

Ia menjelaskan untuk kegiatan fisiknya telah melakukan pengembangan bangunan gapura Selamat Datang di RT 001 RW 02, kedua melakukan pemeliharaan jalan lingkungan sepanjang 100 meter dengan lebar 1, 2 meter realisasinya berupa penetrasi gang atau betonisasi gang di RW 04. Kemudian, yang ketiga adalah pemeliharaan musala di RT 01 RW 02. Menurutnya realisasi Dana Kelurahan 2019 di Kelurahan Karamat sudah 100 persen selesai dilaksanakan. (*)

Utamakan Bekerja Sesuai Tupoksi

Lurah Karamat, Heri Puronomo, SH, MH senantiasa mengajak dan mengingatkan para pegawai Kelurahan Karamat untuk selalu bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) masing-masig yang diberikan.

“Dengan tupoksi yang dilakukan sesuai tugasnya maka tercipta kedisplinan,”katanya yang juga dibenarkan Kasi PPM Kelurahan Karmat, Nandar Sudrajat, S.IP.(dit)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button