Kecamatan Cibeureum

Limusnunggal Dibidik Jadi Kampung Koi

CIBEREUM – Kelurahan Limusnunggal, Kecamatan Cibeureum di proyeksikan menjadi kawasan kampung koi. Rencana yang digagas oleh Bidang Perikanan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan Kota Sukabumi ini dilakukan untuk mendukung ikan koi menjadi ikon Kota Sukabumi.

Hal itu, disampaikan Kepala Bidang Perikanan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan Kota Sukabumi, Cecep Rapi. Menurutnya, budidaya perikanan di Kota Sukabumi cukup potensial. Khususnya, ikan hias jenis koi.

“Kami mempunyai rencana, setelah melakukan survei lapangan, kawasan Limusnunggal cukup cocok untuk menjadi kampung koi karena disana, sudah cukup banyak warga yang membudidayakannya,” jelasnya kepada Radar Sukabumi,” kemarin (7/11).

Rencana itu, lanjut Cecep, tengah dipersiapkannya. Bahkan, pihaknya bakal melakukan studi banding untuk melihat kawasan perikanan di wilayah lain. Saat ini, kelompok budidaya terus mendapat pembinaan dari sekolah lapangan yang dilakukan setiap pekan. “Ada sekolah lapang setiap minggu pembinaan dari kami soal mina padi dan koi di kawasan itu, saat ini kami sedang persiapankan formulasinya,” ujarnya.

Pemilihan Limusnunggal, karena di kelurahan tersebut cukup banyak warga yang membudidayakan ikan hias jenis koi. Sehinga, jika diprogramkan menasihati kawasan atau kampung koi potensinya lebih baik lagi. “Kalau warga sudah banyak yang membudidayakan ikan hias jenis koi disana, bahkan kedepan kami akan petakan perwilayah mulai dari iklan hias dan ikan konsumsi,” terangnya.

Berbagai upaya untuk mewujudkan koi sebagai ikon Kota Sukabumi, masih kata Cecep, bakal dilakukannya salah satunya dengan menggandeng dunia usaha melaui dana sosialnya. “Tidak ada yang tidak mungkin, ikan koi bisa menjadi ikon Kota Sukabumi dengan kolaborasi semua pihak, semoga saja apa yang kami rencanakan ini dilancarkan,” pungkasnya. (upi/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *