Gedung Juang Kota Sukabumi Bakal Diintegrasikan Dengan Lapdek

Gedung juang Kota Sukabumi
Gedung Juang 45 masih saat ini sedang direnovasi

CIKOLE – Pembongkaran pagar existing dan perbaikan tugu Gedung Juang 45 masih terus berjalan. Rencana, perbaikan gedung yang berlokasi di Jalan Veteran itu akan diintegrasikan dengan Lapang Merdeka dan Alun-alun Kota Sukabumi.

Diketahui, pembangunan tersebut menelan anggaran lebih kurang Rp200 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)perubahan, dengan kontrak 30 hari kerja, terhitung mulai 28 November hingga 27 Desember 2022.

Bacaan Lainnya

Kepala bidang Tata Bangunan, Jasa Konstruksi dan Pertamanan Dinas PUTR Kota Sukabumi, Muhammad Sahid mengatakan, nantinya, Jalan Veteran di depan Gedung Juang akan seperti di depan Balaikota Sukabumi.

Material jalannya akan menggunakan andesit, sehingga akan terlihat terintegrasi dengan Lapang Merdeka, kemudian Jalan Veteran, dan Gedung Juangnya. “Terintegrasinya itu rencana pada tahun depan,” katanya, belum lama ini.

Selain Jalan Veteran yang akan menggunakan andesit, area parkiran Gedung Juang 45 yang masih menggunakan aspal, kemungkinan akan sama menggunakan andesit, sehingga terintegrasinya itu bisa terlihat masyarakat.

“Sekarang memang pagarnya dibuka, jadi open space. Konsepnya hampir sama dengan Lapang Merdeka dan Alun-alun. Gedung Juang 45 itu akan terbuka.

Tidak ada lagi pagarnya. Namun sementara belum ada penjagaan. Mungkin nanti kedepannya akan ada pos jaga, karena memang Gedung Juang 45 itu harus dijaga,” paparnya.

Lanjut Sahid, sampai saat ini pengerjaannya sudah mencapai 90 persen, itu hasil dari laporan kosultanya. “Jadi kita optimis pengerjaan Gedung Juang 45 ini, akan selesai sesuai kontrak Surat Perintah Kerja (SPK),” pungkasnya. (Cr4/t)

Pos terkait