Pemerintah Kota Sukabumi

Draf Raperda Cagar Budaya Segera Diserahkan

PEMKOT SUKABUMI – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi segera menyerahkan draf Rancangan Peraturan Daerah tentang Cagar Budaya ke DPRD Kota Sukabumi. Setelah regulasi tersebut di sahkan, seluruh benda, bangunan cagar budaya di Kota Sukabumi bisa terlindungi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Nickeu Sri Rahayu mengungkapkan, Raperda tentang Cagar Budaya bakal segera diserahkan kepada DPRD Kota Sukabumi. Dalam regulasi tersebut, di bahas secara menyeluruh tentang cagar budaya.

“Akhir bulan ini kami akan serahkan draf Raperda cagar budaya ke DPRD, sehingga kedepan semua cagar budaya di Kota Sukabumi terlindungi dan terawat,” jelasnya kepada Radar Sukabumi sela-sela kegiatan Coffe Morning bersama awak media di ruang pertemuan kantor Sekretariat Daerah Kota Sukabumi, Selasa (25/2).

Dalam Raperda tersebut, lanjut Nickeu, pelestarian, pemanfaatan, perlindungan dan lainya tentang benda, bangunan cagar budaya telah dibahas secara mendetail. Sehingga keberadaan cagar budaya di Kota Sukabumi akan terlindungi.

“Secara hukum, nantinya setelah ada regular khusus semua cagar budaya bakal terawat dan terjaga dengan baik. Termasuk, dalam perda itu kami juga bahas kriteria cagar budaya,” sebutnya.

Terkait kondisi saat ini, dimana cagar budaya dan bangunan bersejarah di Kota Sukabumi belum terlindungi secara hukum, Nickeu meyakini setelah selesainya Perda Cagar Budaya akan terlindungi secara hukum.

“Yang memang, saat ini statusnya masih terigistrasi dan terpervikasi, salah satunya bekas rumah tahanan Bung Hatta dan Syahrir di komplek Stukpa Lemdikpol Bhayangkara,” ujarnya.

Walaupun demikian, selain upaya menyusun payung hukum tentang acara budaya, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan bebragia pihak terkait benda dam gaduh cagar budaya maupun benda dan gedung bersejarah di Kota Sukabumi.

“Kami sebenarnya tidak tinggal diam begitu saja, komunikasi dan koordinasi dengan berbgai pihak terus dilakukan,” tutupnya.

1 2Laman berikutnya
Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button