DPUTR Kota Sukabumi Rencanakan Pemberdayaan Saluran Air

  • Whatsapp
DPUTR Kota Sukabumi, Cecep Rapih
Kepala Bidang SDA DPUTR Kota Sukabumi, Cecep Rapih

SUKABUMI– Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) merencanakan untuk memberdayakan saluran air di Kota Sukabumi.

Hal itu dilakukan guna meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjadikan saluran air di Kota Sukabumi menjadi salah satu destinasi wisata. “Ada beberapa lokasi yang akan kita buat dab kita bekerja sama dengan instansi lainnya,” ujar Kepala Bidang SDA DPUTR, Cecep Rapih, belum lama ini.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, adapun pemberdayaan tersebut diantaranya dalam bidang budi daya perikanan dan kegiatan pembangunan embung ikan bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Selain itu dijelaskan pula program yang akan dilaksanakan oleh Bidang SDA DPUTR diantaranya dalam rangka pengembangan wisata air serta pengendalian banjir.

“Saat ini program yang telah berjalan adalah pemeliharaan 20 daerah irigasi, 136 bendung dan 121 pintu air di Kota Sukabumi. Dalam pemeliharaan tersebut, Bidang SDA DPUTR menurunkan enam pegawainya untuk merawat dan membersihkan saluran irigasi dan pintu air,” akunya.

Agar suksesnya program tersebut, Cecep menghimbau agar masyarakat untuk tidak membuang sampah ke aliran sungai atau irigasi.

“Masalah sampah menumpuk disaluran air sering ditemukan, yang berdampak pada tersumbat atau rusaknya saluran dan pintu air. Kita berharap masyarakat tidak lagi membuang sampah apapun ke aliran sungai,” pungkasnya. (bam/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *