Pemerintah Kota Sukabumi

3.001 Orang Perebutkan 114 Formasi CPNS Kota Sukabumi

Dilakukan Tiga Sesi Selama Dua Hari

PEMKOT SUKABUMI – Sebanyak 3.001 peserta yang akan di tempatkan di Kota Sukabumi mengikuti Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Bandung, Senin (17/2). Ribuan peserta tersebut akan  memperebutkan sebanyak 114 formasi yang sudah ditentukan pemerintah pusat.

“Iya total pendaftar itu ada 3.001 orang sedangkan formasi Pemerintah Kota Sukabumi hanya 114 formasi.” ujar Kepala Bidang Kepegawain Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Sukabumi, Taufik Hidayah kepada Radar Sukabumi, Senin (17/2).

Formasi 114 tersebut kata Taufik diantaranya khusus disabilitas 2 orang, lulusan terbaik 1 orang , tenaga pendidikan 50 orang, tenaga kesehatan 16 orang dan tenaga teknis sebanyak 45 orang. Untuk Seleksi Kompetesi Dasar (SKD) sendiri sambung dia, diselenggarakan di Universitas Telkom, Bandung pada Minggu (16/2) dan Senin (17/2).

“Hari ini (kemarin, red) sesi pertama sudah selesai dengan jumlah peserta 1000 orang. Sementara besok (Hari ini, red) akan ada dua sesi lagi. Jadi totalnya tiga sesi untuk tes CPNS Kota Sukabumi atau setiap satu sesi berjumlah 1.000 orang,” katanya.

Dalam penentuan lulus atau tidaknya itu kata Taufik para peserta bisa melihat langsung hasil tes ketika selesai ujian SKD. Nanti dalam setiap formasi itu akan diambil tiga orang dengan nilai passing grade terbaik.

“Intinya sih siapa yang dapat nilai passing grade besar dari tiga terbaik, itu berhak mengikuti tes selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Misalnya Formasi Guru di SDN Cijangkar, pendaftarnya itu ada 100 orang, ketika ujian SKD hanya 50 orang yang masuk dengan passing grade atau nilai ambang batas. Tapi tidak semuanya lolos, hanya tiga nilai teratas saja yang lulus,” bebernya.

Loading...

Adapun nilai passing grade yang harus didapat oleh pesert yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebesar 126, Tes Intelegensia Umum (TIU) sebesar 80 dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar 65. “Tapi tetap yang lolos ke tahap selanjutnya itu tiga orang nilai terbesar,” tambahnya.

Dirinya berharap dengan adanya seleksi CPNS ini bisa mengisi kekurangan PNS yang ada di Pemerintah Kota Sukabumi. “Ya mudah -mudahan 114 formasi ini bisa terisi dengan CPNS yang berkompeten sesuai dengan formasinya,” pungkasnya.

Sementara itu, di sela-sela tes CPNS yang diselenggarakan di Universitas Telkom ini Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi dan Sekda Kota Sukabumi, Dida Sembada ikut hadir memberikan suport kepada seluruh peserta formasi di Kota Sukabumi. (bal)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button