Pedagang Lapdek Kota Sukabumi, Gelar Operasi Bersih

Pedagang Lapang Merdeka
Para pedagang saat melakukan bersih-bersih di sekitar kawasan Lapang Merdeka, Jumat (2/12).

SUKABUMI – Puluhan pedagang yang biasa mangkal di Lapangan Merdeka melakukan kegiatan bersih-bersih di sekitar area tempat mereka berjualan.

Kegiatan Jumat bersih (Jumsih) ini dilakukan secara rutin satu minggu sekali, sebagai wujud kepedulian lingkungan dan untuk menjaga kenyamanan bagi pengunjung Lapang Merdeka Kota Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Ketua Komunitas Pedagang Lapang Merdeka Sukabumi (KPLS), Agus Suparna mengatakan, kegiatan bersih-bersih ini merupakan kegiatan rutin dan tanpa paksaan dari para pedagang. Hal ini dilakukan sebagai kesadaran untuk menjaga kebersihan di Lapang Merdeka.

“Kegiatan Jumat bersih ini, merupakan kesadaran para pedagang untuk menjaga kebersihan di lingkungan lapang merdeka dan kebersihan ini bagian dari pada iman,” ucap Agus Kepada Radar Sukabumi, Jumat (2/12).

Tidak hanya hari Jumat, menjaga kebersihan di lingkungan Lapangan Merdeka ini dilakukan setiap hari oleh para pedagang. Di mana, lapak-lapak yang biasa ditempati para pedagang, wajib bersih dari sampah. Sehingga pengunjung yang datang untuk berbelanja bisa nyaman dan tidak terkesan kumuh.

“Kebersihan ini memang sudah menjadi kewajiban kita sebagai para pedagang, dan kami mengajak kepada setiap pengunjung lapang merdeka untuk sama-sama menjaga kebersihan demi kenyaman kita semua,” jelasnya.

Lanjutnya, para pedagang ini sepakat membentuk komunitas, sebagai wadah para pedagang khusus di lapang merdeka, untuk mempermudah komunikasi agar para pedagang lebih terakomodir.

“Iya kami pun untuk menjaga keamanan para pedagang, karena para pedagang pernah mengalami kehilangan, kami membuat jadwal piket malam, secara bergantian,” pungkasnya. (Cr4/t)

Pos terkait