Ngabuburit, Jasa Delman Laris Manis

ejumlah warga saat hendak ngabuburit menggunakan delman di Taman Cikondang, Kecamatan Citamiang, Jumat (23/4).

SUKABUMI — Menunggu waktu buka puasa kerap dimanfaatkan warga untuk ngabuburit. Tidak terkecuali warga di Kampung Cikondang, Kecamatan Citamiang yang ngabuburit dengan berkeliling menaiki delman.

Ngabuburit murah dan asyik ink bisa warga jumpa beberapa jam sebelum waktu berbuka puasa, sejumlah jasa delman terparkir menunggu pelanggan.

Bacaan Lainnya

Transportasi tradisional yang beroperasi hanya saat bulan Ramadan itu mangkal sejak pukul 15.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Setiap harinya mengantar bocah hingga orang tua yang tengah ngabuburit.

“Rutinya sekitar Citamiang saja. Tapi bisa juga dicarter ke tempat lain,” kata salah seorang kusir delman, Hendrawan (36) kepada Radar Sukabumi, Jumat (23/4).

Hendrawan sudah sekitar lima tahun beroperasi di Sukabumi itu saat bulan Ramadhan tiba. Pasalnya, biasanya hanya beroperasi sekitar perumahan mengantar anak sekolah. “Biasanya narik di perumahan. Cuma kalau khusus bulan Ramadhan narik di sini buat yang ngabuburit,” ujarnya.

Masyarakat yang ingin keliling menggunakan delman tidak perlu merogoh kocek dalam. Sebab, tarif yang perlu dibayarkan murah yakni Rp 2.000 per orang untuk anak-anak dan Rp 3.000 per orang untuk dewasa. Jasa delman ini laris manis bertepatan momen Ramadan.

“Alhamdulillah dalam sehari kadang dapat 150 ribu sampai Rp 200 ribu rupiah. Meningkat dibanding hari biasa,” pungkasnya. (bam/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan